KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE MELALUI MEDIA VIDEO TAHU GAK SIH DAN VIDEO ON THE SPOT BAGI PESERTA DIDIK KELAS X


Mustaghfiroh, 2101416012 (2020) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE MELALUI MEDIA VIDEO TAHU GAK SIH DAN VIDEO ON THE SPOT BAGI PESERTA DIDIK KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN  MODEL THINK PAIR SHARE MELALUI MEDIA VIDEO TAHU GAK SIH  DAN VIDEO ON THE SPOT BAGI PESERTA DIDIK KELAS X] PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE MELALUI MEDIA VIDEO TAHU GAK SIH DAN VIDEO ON THE SPOT BAGI PESERTA DIDIK KELAS X) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki peserta didik. Namun banyak yang beranggapan sulitnya ketetrampilan ini, tidak semua peserta didik mampu menguasainya. Hal ini dikarenakan peserta didik kesulitan mencari tema atau gagasan untuk menulis teks eksposisi. Selain itu, minimnya kosakata yang dimiliki peserta didik juga menyebabkan peserta didik sulit untuk mengembangkan tema menjadi sebuah teks eksposisi. Oleh karena itu perlua adanay media dan model pembelajaran yang dapat mengoptimalkan keterampilan menulis teks eksposisi. Dengan media on the spot dan tahu gak sih dengan model think pair share diharapkan peserta didik lebih baik dalam menulis teks eksposisi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana Keefektifan pembelajaran menulis teks eksposisi melalui media video tahu gak sih? dengan model think pair share bagi peserta didik kelas X SMA? (2) Bagaimana Keefektifan pembelajaran menulis teks eksposisi melalui media video on the spot dengan model think pair share bagi peserta didik kelas X SMA? (3) Manakah yang lebih efektif antara pembelajaran menulis teks eksposisi melalui media video on the spot dengan model think pair share dan pembelajaran menulis teks eksposisi melalui media video tahu gak sih dengan model think pair share dalam pembelajaran menulis teks eksposisi? Berkaitan dengan masalah tersebut, Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keefektifan pembelajaran menulis teks eksposisi dengan model pembelajaran think pair share melalui media yaitu media video on the spot dan video tahu gak sih . Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent control grupdesign. populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA N 1 Dempet. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas Kelas eksperimen dipilih yaitu kelas X MIPA 7 sebagai kelas eksperimen I yang diberi perlakuan pembelajaran menulis teks eksposisi model think pair share dengan media video on the spot, dan kelas X MIPA 8 sebagai kelas eksperimen II yang diberi perlakuan pembelajaran menulis teks eksposisi model think pair share dengan media video tahu gak sih. data yang diperoleh dianalisis dengan statistik. Perlakuan yang diberikan terhadap kedua kelompok yaitu tes awal (pre-test), perlakuan (treatment) dan tes akhir (post�test). Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes menulis teks eksposisi dan instrument nontes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Media video on thespot dengan model think pair share efektif diterapkan terhadap keterampilan menulis teks eksposisi. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji paired sample t-test pretest dan posttest pada kelas eksperimen A menghasilkan sig sebesar 0,000. Sehingga dapat disimpulkan sig 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, Ha diterima2) Media video tahu gak sih dengan model think pairshare efektif diterapkan terhadap keterampilan menulis teks eksposisi. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji paired sample t-test pretest dan posttest pada kelas eksperimen A menghasilkan sig sebesar 0,000. Sehingga dapat disimpulkan sig 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, Ha diterima 3) pembelajaran menulis teks eksposisi kelas yang menggunakan media video on the spot melalui model think pairshare lebih efektif dibandingkan kelas yang menggunakan media video tahu gak sih. dilakukan uji perbedaan dua rata-rata (independent sample t-test)antara kelas eksperimen A dan eksperimen B diketahui hasilnya dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak atau menerima Ha, artinya terdapat perbedaan yang signifikan, hal ini menunjukkan bahwa hasil post-test kelas eksperimen A lebih baik dari kelas eksperimen B yang berarti media video on the spot lebih efektif diterapkan pada keterampilan menulis teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Video tahu gak sih, video on the spot, model think pair share, keterampilan menulis teks eksposisi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 04 Jan 2022 02:23
Last Modified: 04 Jan 2022 02:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47958

Actions (login required)

View Item View Item