PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) 3 ASPEK LISAN DENGAN MUATAN WISATA BUDAYA JAWA TENGAH


Jumaidi Iqbal, 2101415057 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) 3 ASPEK LISAN DENGAN MUATAN WISATA BUDAYA JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) 3 ASPEK LISAN DENGAN MUATAN WISATA BUDAYA JAWA TENGAH] PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) 3 ASPEK LISAN DENGAN MUATAN WISATA BUDAYA JAWA TENGAH)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Indonesia makin dikenal dunia, antara lain melalui bahasa dan pariwisata. Bahasa Indonesia digunakan dan dipelajari oleh berbagai negara dengan beberapa tujuan, salah satunya komunikasi lisan. Pada bidang pariwisata, tahun 2017 branding Wonderful Indonesia peringkat 47 dunia serta peringkat 42 dalam indeks daya saing pariwisata menurut World Economic Forum (WEF). Namun, kunjungan wisatawan mancanegara ke Jawa Tengah cukup rendah dibandingkan wilayah�wilayah sekitarnya. Padahal Jawa Tengah memiliki berbagai destinasi wisata potensial. Program pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) mampu menjadi sarana alternatif promosi wisata serta budaya Jawa Tengah. Namun, ketersediaan bahan ajar BIPA yang mengangkat wisata atau budaya Jawa Tengah belum banyak. Dengan demikian, diperlukan pembuatan bahan ajar BIPA 3 aspek lisan dengan muatan wisata budaya Jawa Tengah. Tingkat BIPA 3 dijadikan target utama agar mampu memahami berbagai hal dalam wisata budaya Jawa Tengah secara mendalam, sehingga nantinya mampu mempromosikan Jawa Tengah di negaranya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kebutuhan bahan ajar BIPA 3 aspek lisan dengan muatan wisata budaya Jawa Tengah, merumuskan prinsip dalam pengembangan bahan ajar BIPA 3 aspek lisan dengan muatan wisata budaya Jawa Tengah, mendeskripsikan rancangan prototipe bahan ajar BIPA 3 aspek lisan dengan muatan wisata budaya Jawa Tengah, mendeskripsikan hasil penilaian bahan ajar BIPA 3 aspek lisan dengan muatan wisata budaya Jawa Tengah oleh dosen ahli dan pengajar BIPA, dan mendeskripsikan perbaikan prototipe bahan ajar BIPA 3 aspek lisan dengan muatan wisata budaya Jawa Tengah berdasarkan saran dosen ahli dan pengajar BIPA yang telah menilai. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan langkah-langkah: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Data dalam penelitian ini berupa data kebutuhan produk dari pengajar dan pemelajar BIPA, serta data penilaian produk dari dosen ahli dan pengajar BIPA. Data tersebut dikumpulkan dengan teknik wawancara, serta pengisian angket. Instrumen dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara, angket kebutuhan, serta angket penilaian. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) analisis kebutuhan dari perspektif pemelajar dan pengajar BIPA yang dijadikan rancangan pengebangan bahan ajar BIPA 3 aspek lisan dengan muatan wisata budaya Jawa Tengah; (2) Dalam pengebangan bahan ajar ini, aspek isi/materi disusun berdasarkan prinsip relevansi, kecukupan, inovatif, sistematis, dan self instructional; aspek penyajian didasarkan prinsip self instructional; aspek bahasa didasarkan prinsip konsistensi; aspek grafika didasarkan prinsip konsistensi dan inovatif.; (3) Prototipe bahan ajar disajikan dalam 8 bab, masing-masing berisi materi menyimak dan berbicara serta berisi muatan wisata budaya Jawa Tengah; (4) nilai rerata secara keseluruhan yaitu 82,75%, dengan perincian: perwajahan dan grafika 80%, isi/materi 88%, penyajian 88%, kebahasaan 75%; (5) perbaikan produk meliputi: perbaikan muatan wisata budaya, tambahan wawasan budaya, perbaikan tata bahasa dalam penulisan, perbaikan layout, serta sampul. Saran yang direkomendasikan yaitu (1) pembelajaran BIPA 3 di daerah Jawa Tengah diharapkan menggunakan bahan ajar BIPA 3 aspek lisan dengan muatan wisata budaya Jawa Tengah agar pembelajaran lebih kontekstual serta mengenalkan wisata budaya Jawa Tengah, (2) perlu penelitian lanjutan agar diketahui keefektifan produk, (3) perlu sinergi antar lembaga untuk meningkatkan diplomasi bahasa, kebudayaan, serta wisata

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar BIPA, BIPA 3, BIPA Aspek Lisan, Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing, Wisata Budaya Jawa Tengah
Subjects: L Education > L Education (General) > learning activity
L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 04 Jan 2022 01:59
Last Modified: 04 Jan 2022 01:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47956

Actions (login required)

View Item View Item