PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA DAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SMA N 1 PURWOREJO


Tri Wulandari, 2101415011 (2020) PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA DAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SMA N 1 PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP  MINAT BACA DAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA  SMA N 1 PURWOREJO] PDF (PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA DAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SMA N 1 PURWOREJO) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Membaca merupakan salah satu bagian literasi yang sangat penting dalam kehidupan. Penguasaan literasi yang tinggi akan menjadikan suatu bangsa lebih maju dibanding bangsa yang penguasaan literasinya rendah. Penguasaan literasi masyarakat Indonesia masih terbilang rendah dari bangsa-bangsa lainnya. Indeks minat baca masyarakat Indonesia pada tahun 2012 berada pada indeks 0,001. Artinya, setiap 1000 orang Indonesia hanya ada 1 orang yang memiliki minat baca yang baik (kompasiana.com dalam Pranowo, 2018, h.2). Pada tahun 2009 berdasarkan hasil penelitian Organisasi Pengembangan Kerja Sama Ekonomi (OECD), budaya baca masyarakat Indonesia menempati posisi terendah dari 52 negara di kawasan Asia Timur (Kompasiana.com dalam Pranowo, 2018, h.2 ). Selain itu, data yang dilaporkan World’s Most Literate Nations, yang disusun oleh Central Connecticut State University,peringkat literasi Indonesia berada di posisi 60 dari 61 negara (Koran Tempo, 16-17 April 2016 dalam Pranowo, 2018:2). Uji pemahaman terhadap bacaan tes PISA (Programme for Student Assessment) yang diselenggarakan negara anggota OECD tahun 2012 menempatkan peserta didik Indonesia pada peringkat 64 dari 65 negara yang berpartisipasi. Dari hasil riset tersebut menunjukkan bahwa penguasaan literasi masyarakat Indonesia khusunya membaca masih terbilang rendah. Padahal di dalam pendidikan, keterampilan membaca berperan sangat penting. Melihat fenomena itu pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menggagas sebuah gerakan literat di sekolah yang disebut Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Salah satu kegiatan di dalam gerakan tersebut adalah “kegiatan 15 menit membaca buku nonpelajaran sebelum waktu belajar dimulai”. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca agar pengetahuan dapat dikuasai secara lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa SMA Negeri 1 Purworejo (2) Bagaimana pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap keterampilan membaca siswa SMA Negeri 1 Purworejo. Berdasarkan rumusan masalah tersebut tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap minat membaca siswa SMA N 1 Purworejo (2) Mengetahui pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap keterampilan membaca siswa SMA N 1 Purworejo Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Purworejo dengan sampel penelitian 118 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah random sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas, serta uji analisis akhir yang terdiri dari uji regresi sederhana, uji korelasi sederhana, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara gerakan literasi sekolah terhadap minat baca yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (6,315>1,980); (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara gerakan literasi sekolah terhadap keterampilan membaca yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (6,3397>1,980); (3) besarnya pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap minat baca 25,6%; (4) besarnya pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap keterampilan membaca 26,1%. Saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini adalah (1) hendaknya pemerintah bersama pihak sekolah, alumni, dan orang tua saling bekerja sama berupaya memfasilitasi dan mendukung upaya peningkatan gerakan literasi sekolah dari segi kuantitas maupun kualitas, sehingga minat membaca dan keterampilan membaca peserta didik lebih meningkat (2) peneliti lain dapat meneliti faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi minat baca dan keterampilan membaca, sehingga dapat diketahui berbagai faktor yang berpengaruh terhadap minat baca dan keterampilan membaca peserta didik (3) penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan penelitian selanjutnya yang akan meneliti tentang topik yang sama atau hampir sama sehingga melengkapi penelitian-penelitian sebelumnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gerakan Literasi Sekolah, Minat baca, Keterampilan Membaca.
Subjects: L Education > L Education (General) > motivation to learn
L Education > LB Theory and practice of education > Education System
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 04 Jan 2022 01:42
Last Modified: 04 Jan 2022 01:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47955

Actions (login required)

View Item View Item