Nilai Religuisitas Jawa Dalam Novel Biografi Sosrokartono Karya Aguk Irawan M.N Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di SMA


M. Azharul Adib, 2101414105 (2021) Nilai Religuisitas Jawa Dalam Novel Biografi Sosrokartono Karya Aguk Irawan M.N Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Nilai Religuisitas Jawa Dalam Novel Biografi Sosrokartono Karya Aguk Irawan M.N Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di SMA] PDF (Nilai Religuisitas Jawa Dalam Novel Biografi Sosrokartono Karya Aguk Irawan M.N Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di SMA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (961kB)

Abstract

Karya sastra sebagai bagian dari karya seni tidaklah melepaskan dirinya dengan estetika dan etika. Oleh karena kedua hal tersebut menyatukan antara pengalaman lahiriah dan batiniah yang menyatu dengan pengalaman manusia dalam realitas kehidupan. Secara intrinsik dalam suatu karya sastra terdapat warna local yang dihubungkan dengan unsur pembangkitannya (Purba, 2009). Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA sesuai dengan kurikulum 2013 harus mengembangkan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan dengan lintasan perolehan yang bertahap. Tujuan dari kurikulum nasional 2013 mencakup kompetensi dasar, diantaranya sikap spiritual yang memiliki kompetensi inti untuk menghayati dan mengamalkan ajaran religi secara praktik dan sikap. Karya sastra yang mencerminkan hal tersebut diantaranya novel biografi Sosrokartono karya Aguk Irawan M.N. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai religuisitas jawa yang terdapat dalam novel biografi Sosrokartono karya Aguk Irawan M.N sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menafsirkan isi dari novel yang menunjukkan adanya nilai religiusitas berdasarkan unsur-unsur pembangun novel sehingga novel Sosrokartono karya Aguk Irawan M.N layak dijadikan sebagai pembelajaran di SMA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik pustaka. Teknik pustaka dilakukan dengan cara pembacaan keseluruhan novel, pembacaan secara cermat unsur-unsur dan nilai religiusitas pada novel tersebut, pencatatan data secara umum, pencatatan data yang mengandung nilai religiusitas, dan menyimpulkan kemungkinan novel Sosrokartono karya Aguk Irawan M.N dapat dijadikan sebagai bahan ajar siswa di SMA Hasil penelitian ini adalah terdapat beberapa nilai-nilai riliguisitas jawa, diantaranya; (1) Sikap Nasiomalisme dan Meluhurkan Bangsa yang Tinggi, (2) Pembaca yang lahab dan penggila ilmu pengetahuan, (3) Sepi Pamrih Tebih Ajrih, (4) Trima Mawi Pasrah, (5) Menang Tanpo Ngasorake, (6) Ngawoela Dateng Kawoelane Gusti, dan (7) Menjunjung Tinggi perempuan. Poin-poin tersebut memiliki implementasi terhadap pembelajaran yang terletak pada kesesuaiannya dengan nilai-nilai dasar filosofi empat kompetensi dasar dan kompetensi inti serta dua nilai utama pada kompetensi sikap, terutama sikap spiritual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: nilai religuisitas jawa, sosrokartono, pembelajaran di SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LT Textbooks
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 04 Jan 2022 01:31
Last Modified: 04 Jan 2022 01:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47954

Actions (login required)

View Item View Item