PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL SINEKTIK BERBANTUAN MEDIA CERITA BERGAMBAR BERMUATAN KISAH-KISAH ISLAMI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII UMAR BIN KHATTAB SMP IT BINA AMAL SEMARANG


Novias Saputro, 2101414007 (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL SINEKTIK BERBANTUAN MEDIA CERITA BERGAMBAR BERMUATAN KISAH-KISAH ISLAMI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII UMAR BIN KHATTAB SMP IT BINA AMAL SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL SINEKTIK BERBANTUAN MEDIA CERITA BERGAMBAR BERMUATAN KISAH-KISAH ISLAMI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII UMAR BIN KHATTAB SMP IT BINA AMAL SEMARANG] PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL SINEKTIK BERBANTUAN MEDIA CERITA BERGAMBAR BERMUATAN KISAH-KISAH ISLAMI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII UMAR BIN KHATTAB SMP IT BINA AMAL SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMP IT Bina Amal Semarang, pembelajaran menulis puisi masih belum sesuai harapan. Hal tersebut disebabkan motivasi belajar peserta didik masih kurang dan cenderung bosan pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran, peserta didik kurang konsentrasi dalam menerima pelajaran, peserta didik kesulitan mengembangkan ide kreatifnya, peserta didik masih belum bisa memilih diksi yang harus digunakan, serta kurangnya model dan media pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik. Oleh karena itu, diperlukan solusi berupa model dan media pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan pembelajaran menulis puisi. Adapun model yang dipilih adalah model sinektik, serta media untuk menunjang pembelajaran adalah media cerita bergambar bermuatan kisah-kisah islami. Rumusan masalah penelitian ini bagaimana proses pembelajaran, perubahan sikap spiritual, perubahan sikap sosial, dan bagaimana peningkatan keterampilan menulis puisi pada peserta didik kelas VIII Umar bin Khattab SMP IT Bina Amal Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan proses pembelajaran, sikap spiritual, sikap sosial, dan peningkatan keterampilan menulis puisi pada peserta didik kelas VIII Umar bin Khattab SMP IT Bina Amal Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini, yaitu menulis puisi pada peserta didik kelas VIII Umar bin Khattab SMP IT Bina Amal Semarang. Adapun variabel penelitian, yaitu keterampilan menulis puisi, model sinektik, dan media cerita bergambar bermuatan kisah-kisah islami. Sumber data yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII Umar bin Khattab SMP IT Bina Amal Semarang dengan jumlah 25 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran menulis puisi menggunakan model sinektik berbantuan media cerita bergambar bermuatan kisahkisah islami pada peserta didik kelas VIII Umar bin Khattab SMP IT Bina Amal Semarang dari siklus I ke siklus II semakin baik. Dibuktikan dengan rata-rata aspek pengamatan proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II sebesar 78% menjadi 92%. Terjadi peningkatan sebesar 14%. Sikap spiritual mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Dibuktikan dengan rata-rata aspek pengamatan sikap spiritual dari siklus I ke siklus II sebesar 87% menjadi 96%. Terjadi peningkatan sebesar 9%. Sikap sosial peserta didik juga mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. xi Dibuktikan dengan rata-rata aspek pengamatan sikap spiritual dari siklus I ke siklus II sebesar 78% menjadi 89%. Terjadi peningkatan sebesar 11%. Keterampilan peserta didik dalam menulis puisi mengalami peningkatan. Pada siklus I, nilai ratarata hasil tes keterampilan sebesar 74,36 dengan persentase ketuntasan 60%. Pada siklus II, nilai rata-rata hasil tes keterampilan meningkat menjadi 82 dengan persentase ketuntasan 100%. Berdasarkan data tersebut, terjadi peningkatan persentase ketuntasan hasil tes keterampilan menulis puisi sebesar 40% dari siklus I ke siklus II. Saran untuk pendidik mata pelajaran Bahasa Indonesia hendaknya menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dalam pembelajaran menulis puisi, salah satunya dengan menggunakan model sinektik dan media cerita bergambar bermuatan kisah-kisah islami yang terbukti dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis puisi secara tertulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis puisi, model sinektik, media cerita bergambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 03 Jan 2022 08:08
Last Modified: 03 Jan 2022 08:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47952

Actions (login required)

View Item View Item