PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERMUATAN CINTA PRODUK INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS ANEKDOT


Brillian Syaifullah, 2101413125 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERMUATAN CINTA PRODUK INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS ANEKDOT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN PREPOSISI PADA KARANGAN TEKS EKSPOSISI PESERTA DIDIK KELAS VIII] PDF (ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN PREPOSISI PADA KARANGAN TEKS EKSPOSISI PESERTA DIDIK KELAS VIII)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tata bahasa adalah hal yang harus diperhatikan dalam menulis karya tulis. Tata bahasa yang dikaji dalam penelitian ini mengenai preposisi dalam karangan eksposisi peserta didik kelas VIII. Sebagai pengguna bahasa, kita seharusnya menggunakan aturan baku berbahasa yang telah dinyatakan dalam Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan, (1) Apa preposisi yang digunakan pada karangan teks eksposisi peserta didik kelas VIII, (2) Bagaimana bentuk kesalahan yang sering digunakan peserta didik saat menulis preposisi pada karangan teks eksposisi kelas VIII, (3) Bagaimana perbaikan penggunaan preposisi pada karangan teks eksposisi kelas VIII yang sesuai Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data adalah teks eksposisi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kudus. Metode pengambilan data dengan cara tes secara tertulis kemudian dianalisis dengan media kartu data. Peneliti melakukan perbaikan analisis hasil karangan dengan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa peserta didik masih banyak yang melakukan kesalahan dan kurang teliti dalam menggunakan preposisi. Peneliti menemukan 56 kesalahan penggunaan preposisi pada karangan eksposisi peserta didik kelas VIII. Kesalahan paling banyak adalah penggunaan preposisi di dengan jumlah kesalahan sebanyak 42. Saran bedasarkan hasil penelitian adalah 1) Penilaian bahasa khususunya penggunaan preposisi harus sering dilakukan pada setiap pembelajaran yang berbasis teks, 2) Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan rujukan untuk meningkatkan keterampilan menulis pada peserta didik kelas VIII.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan berbahasa, preposisi, keterampilan menulis teks eksposisi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 03 Jan 2022 08:00
Last Modified: 03 Jan 2022 08:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47948

Actions (login required)

View Item View Item