PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN UNTUK PENDALAMAN KARAKTER TOKOH DALAM DRAMA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DENGAN MEDIA HARD FILE NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA ISLAM SULTAN AGUNG 3 SEMARANG


Ucik Cahyono, 2101413068 (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN UNTUK PENDALAMAN KARAKTER TOKOH DALAM DRAMA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DENGAN MEDIA HARD FILE NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA ISLAM SULTAN AGUNG 3 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN UNTUK PENDALAMAN KARAKTER TOKOH DALAM DRAMA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DENGAN MEDIA HARD FILE NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA ISLAM SULTAN AGUNG 3 SEMARANG] PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN UNTUK PENDALAMAN KARAKTER TOKOH DALAM DRAMA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DENGAN MEDIA HARD FILE NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA ISLAM SULTAN AGUNG 3 SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia menitik beratkan pada aspek berbahasa. Salah satunya adalah aspek membaca. Di dalam dunia pendidikan dan pengajaran aktivitas dan tugas membaca mutlak dilakukan oleh siswa. Sebagian besar pengetahuan diperoleh siswa melalui aktivitas membaca. Keberhasilan mereka dalam menyelesaikan tugas sekolahnya sangat ditentukan oleh kemampuan membaca. Dalam proses pembelajaran, umumnya siswa bersikap pasif, bahkan sulit berkonsentrasi. Tidak heran, walaupun kegiatan membaca telah dilakukan, tetapi siswa tidak banyak mengetahui apa isi bacaan tersebut. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman sangat perlu diupayakan segera dan seoptimal mungkin. Sehubungan dengan upaya peningkatan tersebut, beberapa hal yang dapat diakukan antara lain: (i) pemberian motivasi tentang pentingnya membaca pemahaman bagi siswa, (ii) penggunaan metode pembelajaran yang tepat dan bervariasi, dan (iii) pemilihan bahan bacaan atau media yang relevan dengan kondisi psikologis mereka. Berdasarkan paparan di atas, rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas XI IPS 1 SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode Role Playing dengan media Hard File? (2) Bagaimanakah sikap religius siswa kelas XI IPS 1 SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode Role Playing dengan media Hard File? (3) Bagaimanakan sikap sosial siswa kelas XI IPS 1 SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode Role Playing dengan media Hard File? (4) Bagaimanakah kegiatan pembelajaran keterampilan membaca pemahaman untuk mempertunjukan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode Role Playing dengan media Hard File? Penelitian ini dilakukan pada sebuah kelas untuk mengetahui akibat tindakan yang diterapkan pada suatu subyek penelitian di kelas tersebut. Penelitian dilakukan dengan melihat apakah hasil belajar siswa ada kenaikan. Rangkaian dari model penelitian tindakan kelas adalah (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Keempat tahapan tersebut digunakan secara sistematis dan diterapkan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan II. Penelitian diklus I pada pembelajaran membaca pemahaman untuk pendalaman karakter tokoh dalam naskah drama memperoleh hasil sebesar 69,5 vii dengan kategori cukup. Kategori sangat baik dengan rentang skor 85-100 dicapai oleh 1 siswa atau sebesar 5% dan kategori baik dengan rentang skor 70-84 dicapai oleh 12 siswa atau sebesar 57%. Untuk kategori cukup dengan rentang skor 60-69 berhasil dicapai oleh 6 siswa atau sebesar 28,5% sedangkan untuk kategori kurang dengan rentang skor 0-59 diperoleh 2 siswa atau 9,5%. keterampilan membaca pemahaman untuk pendalaman tokoh dalam naskah drama aspek memperkuat karakter tokoh untuk kategori sangat baik dengan skor 25 dicapai oleh 5 siswa atau sebesar 24%. Kategori baik dengan skor 8 dicapai oleh 2 siswa atau sebesar 9.5%. Kategori cukup dengan skor 15 dicapai oleh 5 siswa atau sebesar 24%. Kategori kurang dengan skor 4 diperoleh 2 siswa atau sebesar 9.5% dan kategori sangat kurang dengan skor 7 diperoleh 7 siswa atau 33%. Dengan demikian, berdasarkan skor rata-rata pada penguasaan aspek memperkuat karakter tokoh dalam kategori baik yaitu sebesar 70. Penelitian diklus II menunjukan bahwa keterampilan membaca pemahaman untuk pendalaman tokoh dalam naskah drama aspek memperkuat karakter tokoh untuk kategori sangat baik dengan skor 45 dicapai oleh 9 siswa atau sebesar 42.5%. Kategori baik dengan skor 24 dicapai oleh 6 siswa atau sebesar 28.5%. Kategori cukup dengan skor 15 dicapai oleh 5 siswa atau sebesar 24%. Kategori kurang dengan skor 4 diperoleh 2 siswa atau sebesar 9.5% dan kategori sangat kurang dengan skor 2 diperoleh 1 siswa atau 5%. Dengan demikian, berdasarkan skor rata-rata pada penguasaan aspek memperkuat karakter tokoh dalam kategori baik yaitu sebesar 82. aspek pendalaman tokoh dalam naskah drama untuk kategori sangat baik dengan skor 35 dicapai oleh 7 siswa atau sebesar 33%. Kategori baik dengan skor 28 dicapai oleh 7 siswa atau sebesar 33%. Kategori cukup dengan skor 15 dicapai oleh 5 siswa atau sebesar 23.5%. Kategori kurang dengan skor 4 diperoleh 2 siswa atau sebesar 9.5%. Dengan demikian, berdasarkan skor rata-rata pada penguasaan aspek pendalaman karakter tokoh dalam kategori baik yaitu sebesar 78. Berdasarkan hasil tes keterampilan membaca pemahaman untuk pendalaman karakter tokoh dalam naskah drama menggunakan metode role playing dengan media hard file mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 13,3 yaitu dari nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 68,3 menjadi 81,6 pada siklus II. Hasil tes keterampilan membaca pemahaman untuk pendalaman karakter tokoh dalam naskah drama siklus I dan siklus II dapat dijelaskan bahwa keterampilan membaca pemahaman untuk pendalaman karakter tokoh dalam naskah drama pada tiap aspek mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: peningkatan tindakan kelas, membaca pemahaman, karakter tokoh, role playing, hard file
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 03 Jan 2022 07:28
Last Modified: 03 Jan 2022 07:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47946

Actions (login required)

View Item View Item