KEMARITIMAN SEBAGAI INSPIRASI DALAM KARYA SENI LUKIS


Rizka Alfiana Imawati, 2401417017 (2021) KEMARITIMAN SEBAGAI INSPIRASI DALAM KARYA SENI LUKIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMARITIMAN SEBAGAI INSPIRASI DALAM KARYA SENI LUKIS] PDF (KEMARITIMAN SEBAGAI INSPIRASI DALAM KARYA SENI LUKIS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Proyek studi ini bertujuan menghasilkan karya seni lukis bercorak dekoratif yang menampilkan subjek kemaritiman dalam bentuk visual figur manusia yang dinarasikan sebagai nelayan,ikan, laut dan kapal. Figure manusia yang dihadirkan dalam karya ini mengalami proses distorsi menyerupai figure wayang. Penyajian unsur subjek lukisan dalam karya ini memenuhi seluruh bidang sehingga terkesan padat dan ramai, unik, rumit serta evolutif. Dari kesan tersebut dapat dikenali bahwa karakteristik karya tersebut lebih merefleksikan ciri seni rupa Nusantara pada penyajian motif batik serta motif-motif yang ada di kehidupan tradisi Nusantara. Proyek studi ini menghasilkan delapan karya yang berjudul (1) Hari-Hari Bahariku; (2) Dalam Laut Dalam; (3) Bos Besar Nelayan; (4) Remah-Remah Bahari; (5) Konflik Bahariku; (6) Riak-Riak Bahariku; (7) Jerat Jala Nelayan; (8) Benur dan Menteri. Karya penulis merepresentasikan kekayaan alam bahari negara Indonesia sebagai negara maritim. Penulis menyarankan bagi perupa-perupa khususnya mahasiswa Seni Rupa UNNES yang memilih proyek studi untuk memilih tema potensi kekayaan alam Indonesia. Indonesia sangat kaya dan menarik untuk diangkat sebagai tema berkarya seni. Dengan demikian kita juga turut menjaga dan melestarikan potensi alam Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemaritiman, Seni Lukis
Subjects: N Fine Arts > ND Painting
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 03 Jan 2022 06:32
Last Modified: 03 Jan 2022 06:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47941

Actions (login required)

View Item View Item