Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Materi Hidrokarbon untuk Meningkatkan Kemampuan Multirepresentasi


Vita Fitria Ningrum, 0402519026 (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Materi Hidrokarbon untuk Meningkatkan Kemampuan Multirepresentasi. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0402519026_cover - Vita Fitria Ningrum.pdf] PDF
Download (56kB)
[thumbnail of 0402519026_Persetujuan - Vita Fitria Ningrum.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (71kB) | Request a copy
[thumbnail of 0402519026_Pengesahan - Vita Fitria Ningrum.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[thumbnail of 0402519026_Abstrak - Vita Fitria Ningrum.pdf] PDF
Download (88kB)
[thumbnail of 0402519026_Abstract - Vita Fitria Ningrum.pdf] PDF
Download (90kB)
[thumbnail of 0402519026_Bab 1 - Vita Fitria Ningrum.pdf] PDF
Download (120kB)
[thumbnail of 0402519026_Bab 2 - Vita Fitria Ningrum.pdf] PDF
Download (237kB)
[thumbnail of 0402519026_Bab 3 - Vita Fitria Ningrum.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (323kB) | Request a copy
[thumbnail of 0402519026_Bab 4 - Vita Fitria Ningrum.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (794kB) | Request a copy
[thumbnail of 0402519026_Bab 5 - Vita Fitria Ningrum.pdf] PDF
Download (32kB)
[thumbnail of 0402519026_Dapus - Vita Fitria Ningrum.pdf] PDF
Download (190kB)
[thumbnail of 0402519026_Tesis - Vita Fitria Ningrum.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi digital di era pembelajaran saat ini, dapat membantu meningkatkan pemahaman materi peserta didik. Teknologi augmented reality terbukti dapat meningkatkan kemampuan multirepresentasi peserta didik, yang sangat diperlukan dalam berbagai pemecahan masalah pembelajaran khususnya materi hidrokarbon yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi hidrokarbon dan efektifitasnya pada pembelajaran melalui peningkatan kemampuan multirepresentasi peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan menggunakan Design Research and Development (R&D). Tahap uji validitas produk dilakukan oleh dua pakar ahli materi dan tiga pakar ahli media. Tahap implementasi pembelajaran dilakukan pada kelas X TKJ 2 SMK Gondang Pekalongan sejumlah 32 peserta didik dengan teknik random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan uji statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) produk berupa aplikasi Android disertai sembilan kartu molekul; 2) penilaian validitas oleh ahli materi dengan skor rata-rata 85 dalam kategori “sangat valid”, dan penilaian validitas oleh ahli media dengan skor rata-rata 94 dalam kategori “sangat valid”; dan 3) efektifitas media pada implementasi pembelajaran dengan peningkatan kemampuan multirepresentasi. Pada level makroskopik meningkat sebesar 27,5%; submikroskopis meningkat sebesar 36,7%; dan tingkat simbolik mengalami peningkatan sebesar 33,3%. Sehingga media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi hidrokarbon sangat layak digunakan dalam pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan multirepresentasi peserta didik dalam setiap levelnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, augmented reality, aplikasi Android, hidrokarbon, kemampuan multirepresentasi, learning media, augmented reality, android application, hidrocarbon, multi-representation ability.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Dec 2021 05:23
Last Modified: 24 Jan 2022 02:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47918

Actions (login required)

View Item View Item