Implementasi Kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah di Smk Negeri 4 Kendal


Nadhirin, - and Etty Soesilowati, - and Cahyo Budi Utomo, FIS Pendidikan Sejarah (2017) Implementasi Kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah di Smk Negeri 4 Kendal. Educational Management, 6 (2). pp. 155-162. ISSN 2252-7001

[thumbnail of Implementasi Kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah di Smk Negeri 4 Kendal.pdf] PDF - Published Version
Download (526kB)
[thumbnail of Review Implementasi Kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah di Smk Negeri 4 Kendal.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi kebijakan manajemen berbasis sekolah (MBS), faktor pendukung dan penghambatnya serta mengetahui model MBS yang efektif di SMK Negeri 4 Kendal.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan fokus SMK Negeri 4 Kendal sebagai informan adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, komite sekolah dan guru. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model interaktif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan MPMBS diawali dengan proses interpretasi dan sosialisasi kebijakan kepada seluruh stakeholders pendidikan. Kebijakan MPMBS di SMK Negeri 4 Kendal tercapai sesuai tujuan kebijakan MPMBS yaitu meningkatkan mutu pendidikan dengan melakukan perubahan terhadap manajemen pendidikan dari pola lama ke pola MPMBS. Faktor pendukung efektifitas implementasi MPMBS meliputi telah dilaksanakan dengan sungguh-sungguh otonomi yang dimiliki sekolah, peran serta masyarakat, kepemimpinan kepala sekolah yang demokratis transparan dan akuntabel, lingkungan sekolah yang kondusif serta dukungan anggaran dari pemerintah. Faktor penghambat meliputi masih rendahnya mutu guru sesuai standar pelayanan minimal pendidikan, keterbatasan sumber belajar dan media belajar serta hambatan birokrasi dalam pengelolaan keuangan sekolah.Saran yang diajukan: meningkatkan kualifikasi akademik guru yang belum sesuai dengan tuntutan program, serta Model MPMBS yang efektif adalah model manajemen yang demokratis, transparansi, dan komunikasi secara terbuka.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementation, Quality of School, SBM
Subjects: L Education > Educational Institutions > school management
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 29 Dec 2021 03:19
Last Modified: 29 Dec 2021 03:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47898

Actions (login required)

View Item View Item