Pelaksanaan Penilaian Afektif Pada Pembelajaran Sejarah Kurikulum 2013 Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Temanggung Tahun Ajaran 2018/2019


Aniza Oktarina Wulandari, - and Cahyo Budi Utomo, FIS Pendidikan Sejarah and Andy Suryadi, - (2019) Pelaksanaan Penilaian Afektif Pada Pembelajaran Sejarah Kurikulum 2013 Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Temanggung Tahun Ajaran 2018/2019. Indonesian Journal of History Education, 7 (1). pp. 9-21. ISSN 2252-6641

[thumbnail of Pelaksanaan Penilaian Afektif Pada Pembelajaran Sejarah Kurikulum 2013 Kelas XI IP.pdf] PDF - Published Version
Download (196kB)
[thumbnail of Review Pelaksanaan Penilaian Afektif Pada Pembelajaran Sejarah Kurikulum 2013 Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Temanggung Tahun Ajaran 20182019.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pemahaman guru sejarah di SMA Negeri 3 Temanggung mengenai penilaian afektif. Mengetahui penerapan penilaian afektif yang dilakukan guru sejarah di SMA Negeri 3 Temanggung. Mengetahui penyebab penerapan penilaian autentik di SMA Negeri 3 Te�manggung pada Mata Pelajaran Sejarah belum berjalan optimal. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Guru Sejarah Peminatan Kelas XI, wakil kepala bidang kurikulum dan juga beberapa peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 3 Temanggung. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan study dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh informasi bahwa pemahaman guru sejarah mengenai penilaian aut�entik masih kurang dapat dilihat dari perbedaan pendapat dari pengertian, ciri-ciri, bentuk penilaian, teknik dan instrumen serta tujuan dari penilaian autentik. Pelaksanaan penilaian autentik belum sesuai dengan RPP karena tidak semua bentuk penilaian aspek afektif dilaksanakan oleh guru sejarah seperti penilaian teman sejawat. Kendala-kendala dalam menilai yang di temui guru sejarah di SMA Negeri 3 Temanggung adalah penilaian afektif pada Kurikulum 2013 sangatlah rumit dan butuh waktu dan proses yang sangat panjang karena menyangkut perilaku setiap individu

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: penilaian afektif, pembelajaran sejarah, Kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 29 Dec 2021 01:50
Last Modified: 29 Dec 2021 01:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47886

Actions (login required)

View Item View Item