Kompetensi Profesional Guru Bersertifikasi dalam Membuat Perangkat Pembelajaran Sejarah SMA Negeri Kabupaten Pemalang 2016/2017


Rifi Nurul Anifah, - and Cahyo Budi Utomo, FIS Pendidikan Sejarah and Romadi, - (2017) Kompetensi Profesional Guru Bersertifikasi dalam Membuat Perangkat Pembelajaran Sejarah SMA Negeri Kabupaten Pemalang 2016/2017. Indonesian Journal of History Education, 5 (2). ISSN 2252-6641

[thumbnail of Kompetensi Profesional Guru Bersertifikasi dalam Membuat Perangkat Pembelajaran Se.pdf] PDF - Published Version
Download (327kB)
[thumbnail of Review Kompetensi Profesional Guru Bersertifikasi dalam Membuat Perangkat Pembelajaran Sejarah SMA Negeri Kabupaten Pemalang 20162017.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah guru sejarah di 5 SMA Negeri di Kabupaten Pemalang, di sekolah yang dijadikan lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumen. Teknik pengujian yang dipergunakan dalam menentukan keabsahan data dalam penelitian ini adalah menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang terdiri dari tiga komponen utama yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pemahaman guru sejarah tentang profosional guru berseritifikasi daLam membuat perangkat pembelajaran sejarah baik hal tersebut dapat dilihat dari guru sejarah mampu menjelaskan pengertian kompetensi profesional, menguraikan apa makna perangkat pembelajaran, menguraikan bagaimana membuat perangkat pembelajaran yang sesuai dengan Permendiknas.Keprofesionalan guru bersertifikasi di 5 SMA Negeri Pemalang dilaksanakan dengan cara diintegrasikan ke mata pelajaran sejarah. Saran yang dapat dikemukakan penulis adalah guru-guru sejarah di 5 SMA Negeri di Pemalang, dapat berperan aktif dalam membuat perangkat pembelajaran sejarah

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: teacher certification, teacher professional, historical learning device.
Subjects: L Education > teacher competence
L Education > L Education (General) > Performance of Teachers
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 29 Dec 2021 00:37
Last Modified: 29 Dec 2021 00:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47881

Actions (login required)

View Item View Item