Peranan Pembelajaran Sejarah dalam Penanaman Nilai Karakter Religius dan Nasionalisme di MAN Temanggung Tahun Ajaran 2016/2017


Idha Winarsih, - and Cahyo Budi Utomo, FIS Pendidikan Sejarah and Tsabit Azinar Ahmad, - (2017) Peranan Pembelajaran Sejarah dalam Penanaman Nilai Karakter Religius dan Nasionalisme di MAN Temanggung Tahun Ajaran 2016/2017. Indonesian Journal of History Education, 5 (2). ISSN 2252-6641

[thumbnail of Peranan Pembelajaran Sejarah dalam Penanaman Nilai Karakter Religius dan Nasionali.pdf] PDF - Published Version
Download (296kB)
[thumbnail of Review Peranan Pembelajaran Sejarah dalam Penanaman Nilai Karakter Religius dan Nasionalisme di MAN Temanggung Tahun Ajaran 20162017.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Penelitin ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap religius dan nasionalisme yang dimunculkan oleh siswa-siswa MAN Temanggung; mendeskripsikan peranan pembelajaran sejarah dalam penanaman nilai karakter religius dan nasionalisme di MAN Temanggung, dan mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam penanaman nilai karakter religius dan nasionalisme di MAN Temanggung. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian: 1. Sikap religius dan nasionalisme siswa MAN Temanggung dapat dikatakan sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari program-program yang diterapkan sekolah yang dijadikan peraturan sekolah, dan semakin lama menjadi kebiasaan siswa untuk melakukannya; 2. Peranan pembelajaran sejarah dalam penanaman nilai religius dapat dilihat ketika guru menyampaikan materi tentang Peradaban Islam di Indonesia. Sedangkan peranan pembelajaran sejarah dalam penanaman nasionalisme dapat dilihat ketika guru menyampaikan materi tentang Peristiwa Sekitar Proklamasi; 3. Kendala yang guru hadapi terdapat pada proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kendala pada saat perencanaan seperti kurangnya buku penunjang yang dapat menambah referensi materi sejarah. Kendala dalam pelaksanaan adalah kurangnya waktu dan karakter pribadi siswa yang berbeda-beda. Sedangkan kendala dalam evaluasi adalah guru masih kurang dalam memahami karakter masing-masing siswa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: teaching and learning strategies, history teacher, Curriculum 2013.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 29 Dec 2021 00:32
Last Modified: 29 Dec 2021 00:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47880

Actions (login required)

View Item View Item