IMPLEMENTASI CONTENT AND LANGUAGE INTEGRATED LEARNING BERBASIS PEMBELAJARAN GENRE


Nur Qudus, FT Teknik Bangunan (2016) IMPLEMENTASI CONTENT AND LANGUAGE INTEGRATED LEARNING BERBASIS PEMBELAJARAN GENRE. Prosiding Seminar Nasional Arah Kibijakan Pendidikan Guru di Indonesia. pp. 621-627. ISSN 978-602-60240-0-8

[thumbnail of 14. Implementasi Content and Language Integrated Learning Berbasis Pembelajaran Genre - KUSDIYANTO UNNES.pdf] PDF
Download (106kB)

Abstract

Internasionalisasi institusi yang dilakukan Universitas Negeri Semarang menyebabkan mahasiswa internasional dapat mengambil mata kuliah di Universitas Negeri Semarang. Tantangan yang dihadapi ketika terdapat mahasiswa Internasional adalah kemampuan Universitas Negeri Semarang untuk memberikan mata kuliah dengan bahasa pengantar bahasa Inggris. Oleh karena itu, dibutuhkan metode pengajaran yang memadukan pembelajaran mata kuliah dan bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab tantangan yang sedang dihadapi Universitas Negeri Semarang saat dengan memberikan deskripsi mengenai implementasi Content and Language Integrated Learning (CLIL) yang dipadukan dengan Pembelajaran berbasis genre di Fakultas Teknik. Perpaduan antara CLIL dan Genre dipilih karena CLIL metode pengajaran yang memiliki dua fokus secara simultan yaitu pada konten dan bahasa sedangkan Pembelajaran berbasis genre menekankan dekonstruksi genre teks akademik secara eksplisit mengenai fitur – fitur teks akademik. Perpaduan antara keduanya dapat menghasilkan metode pengajaran yang menekankan materi mata kuliah dan penguasaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar secara seimbang dan lebih mudah untuk dipahami mahasiswa internasional karena adanya dekonstruksi teks akademik secara eksplisit.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Content and language integrated learning, Pengajaran berbasis genre
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 27 Dec 2021 07:07
Last Modified: 27 Dec 2021 07:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47847

Actions (login required)

View Item View Item