PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB DENGAN KOOPERATIF BERBASIS TEORI KECERDASAN MAJEMUK PADA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH


Mohamad Yusuf Ahmad Hasyim, - (2018) PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB DENGAN KOOPERATIF BERBASIS TEORI KECERDASAN MAJEMUK PADA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH. Journal of Arabic Learning and Teaching, 7 (1). ISSN 2252-6994

[thumbnail of PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN KETERAMPILAN - AGUS SUWARTO.pdf] PDF
Download (314kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sedikitnya guru yang dalam melakukan pembelajaran hanya sekedar menerapkan suatu metode tanpa memperhatikan gaya belajar siswa. Padahal tiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda, dimana gaya belajar tersebut menjadi faktor yang berpengaruh bagi siswa dalam menyerap pelajaran. Selain itu, dalam menerapkan pembelajaran yang kooperatif atau berkelompok, tidak jarang guru membagi kelompok secara acak. Padahal seharusnya dalam mengelompokkan siswa, guru memperhatikan kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Sehingga setiap kelompok memiliki kadar heterogen yang sama dengan kelompok lain. Oleh karena itu, pengembangan metode pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab dengan kooperatif berbasis kecerdasan majemuk pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah sangat dibutuhkan supaya guru dan siswa mampu menyampaikan maupun menerima pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar serta kecerdasan yang dimiliki. Penelitian ini menngunakan pendekatan Research and Development (R&D). Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, angket dan dokumentasi. Peneliti menyelesaikan penelitian ini sampai tahapan kelima, yaitu revisi setelah validasi guru dan ahli. Penilaian dari guru, ahli metode pembelajaran dan ahli kecerdasan majemuk menunjukkan bahwa metode ini secara umum layak digunakan dan sesuai, baik dari aspek isi, penyajian serta bahasa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran: Keterampilan berbicara; Kooperatif; Kecerdasan Majemuk.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 20 Dec 2021 03:21
Last Modified: 20 Dec 2021 03:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47820

Actions (login required)

View Item View Item