Pengaruh Lingkungan dan Minat Menjadi Guru terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE Unnes

Nur Maziyyatin, 2008 (2008) Pengaruh Lingkungan dan Minat Menjadi Guru terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE Unnes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Lingkungan dan Minat Menjadi Guru terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE Unnes) - Published Version
Download (24Kb)

    Abstract

    Maziyyatin, Nur.2008. Pengaruh Lingkungan dan Minat Menjadi Guru terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE Unnes. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Drs. Subowo, M.Si. Pembimbing II : Dra. Margunani, MP Kata kunci : Prestasi Belajar Mahasiswa, Lingkungan, Minat menjadi Guru Prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal dari mahasiswa. Faktor internal atau dari dalam diri mahasiswa dan faktor eksternal atau dari luar diri mahasiswa dalam penelitian ini adalah Lingkungan dan Minat menjadi Guru. Namun, kebenaran argumen ini perlu dikaji melalui kegiatan penelitian untuk pembuktian agar diperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh lingkungan dan minat menjadi guru terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE Unnes ?, 2) Seberapa besar pengaruh lingkungan dan minat menjadi guru terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE Unnes ?. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui pengaruh lingkungan dan minat menjadi guru terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE Unnes, 2) Mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan dan minat menjadi guru terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE Unnes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2004 yang berjumlah 167 orang dengan mengambil sampel sejumlah 112 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel Rumus Slovin. Ada 3 (tiga) variabel yang dibahas dalam penelitian ini yaitu Lingkungan mahasiswa Pendidikan Akuntansi, Minat menjadi guru mahasiswa Pendidikan Akuntansi dan Prestasi Belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan metode dokumentasi yaitu dalam memperoleh nilai Mata Kuliah Kependidikan dan keakuntansian. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperolah persamaan regresi Y = 51,188 + 0,081 X1+0,269 X2 . Sehingga terdapat pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan dan minat menjadi guru terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan akuntansi. Dari hasil uji F atau uji simultan diperoleh Fhitung 37,393 dengan probabilitas 0.000<0,05 yang berarti signifikan sehingga Hipotesis kerja (Ha) diterima. Sedangkan hasil pengujian parsial diperoleh t hitung pada taraf signifikasi 5% untuk masing-masing variabel yaitu untuk variabel lingkungan (X1) sebesar 0,081 dengan thitung 2,723 dan p value 0,008 < 0,05 dan untuk variabel minat menjadi guru terhadap prestasi belajar diperoleh koefisien sebesar 0,269 dengan thitung 4,405 dan p value 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak yang berarti hipotesis kerja (Ha) diterima.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Mahasiswa, Lingkungan, Minat menjadi Guru
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 27 Sep 2011 20:35
    Last Modified: 27 Sep 2011 20:36

    Actions (login required)

    View Item