PENGARUH PERSONALITY, HEDONIC SHOPPING TENDENCY, DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSIVE BUYING BEHAVIOUR DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING


Ema Karomah Zulfa, 7101416112 (2020) PENGARUH PERSONALITY, HEDONIC SHOPPING TENDENCY, DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSIVE BUYING BEHAVIOUR DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PERSONALITY, HEDONIC SHOPPING  TENDENCY, DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP  IMPULSIVE BUYING BEHAVIOUR DENGAN  POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL  INTERVENING] PDF (PENGARUH PERSONALITY, HEDONIC SHOPPING TENDENCY, DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSIVE BUYING BEHAVIOUR DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Impulsive buying behaviour adalah perilaku pembelian yang dilakukan secara tiba-tiba atau spontan. Pembelian impulsif dilakukan tanpa adanya rencana yang melibatkan pengambilan keputusan cepat dan kecenderungan untuk segera mengakuisisi produk. Berdasarkan data menurut Merchan Machine menunjukkan bahwa Indonesia menjadi negara peringkat satu dalam pertumbuhan e-commerce. Penelitian yang dilakukan oleh AC Nielshen menunjukkan adanya peningkatan pembelian impulsif di Indonesia. Tujuan penelitian adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh personality, hedonic shopping tendency, dan price discount terhadap impulsive buying behaviour melalui positive emotion sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang pernah melakukan pembelian secara online. Jumlah sampel sebanyak 344 responden dengan teknik insidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis data adalah analisis deskriptif, analisis jalur dan sobel test dengan bantuan program IBM SPSS statistics 22. Hasil analisis deksriptif menunjukkan impulsive buying behaviour, personality, hedonic shopping tendency, price discount dan positive emotion dalam kategori tinggi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh antara personality dan price discount terhadap impulsive buying behaviour. Ada pengaruh hedonic shopping tendency dan positive emotion terhadap impulsive buying behaviour. Ada pengaruh personality, hedonic shopping tendency, price discount terhadap positive emotion. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa personality, hedonic shopping tendency, dan price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying behaviour melalui positive emotion. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan personality, hedonic shopping tendency, dan price discount terhadap impulsive buying behaviour melalui positive emotion . Saran untuk mahasiswa adalah untuk membuat skala prioritas untuk kebutuhan sehari-hari, merubah gaya hidup hedonis agar mengurangi perilaku pembelian impulsif dan lebih mampu mengendalikan emosinya ketika melakukan kegiatan belanja online

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Personality, Hedonic Shopping Tendency, Price Discount, Positive Emotion, Impulsive Buying Behaviour.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 20 Dec 2021 03:33
Last Modified: 20 Dec 2021 03:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47818

Actions (login required)

View Item View Item