ISM AL-TAFDHĪL DALAM ALQURAN JUZ 1 SAMPAI 10 (ANALISIS MORFOSINTAKSIS)


Mohamad Yusuf Ahmad Hasyim, - (2018) ISM AL-TAFDHĪL DALAM ALQURAN JUZ 1 SAMPAI 10 (ANALISIS MORFOSINTAKSIS). Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UNNES, 7 (1). ISSN 2252-6994

[thumbnail of ISM AL-TAFDHĪL DALAM ALQURAN JUZ 1 SAMPAI 10 - AGUS SUWARTO.pdf] PDF
Download (557kB)

Abstract

Ism al-tafdhῑl merupakan sifat yang dibentuk dengan mengikuti wazan لَ ع ْ ف َ أ untuk mudzakar dan ْعلى ف untuk muannats yang menunjukkan bahwa ada dua hal yang bersekutu akan tetapi salah satu melebihi yang lain dalam sifatnya. Dalam bahasa Indonesia disebut dengan istilah tingkat perbandingan sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah degree of comparation. Ism altafdhῑl ini bersifat unik, artinya memiliki karakteristik yang berbeda dengan bahasa lainnya dalam proses dan aturan pembentukannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis ism al-tafdhῑl, fungsi sintaksis sekaligus penanda gramatikal ism al-tafdhῑl yang terdapat dalam Alquran juz 1 sampai 10. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian library research. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi dengan kartu data dan lembar rekapitulasi sebagai instrumen penelitiannya, sedangkan proses pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purpose sampling. Adapun analisis datanya dilakukan dengan menggunakan teknik agih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ism al-tafdhῑl dalam Alquran juz 1 sampai 10 secara keseluruhan berjumlah 194. Dari semua data tersebut, peneliti memilih 100 untuk dianalisis secara maksimal. Berdasarkan perubahan morfologisnya, terdapat 84 data perubahannya. Berdasarkan jenis pola strukturnya, terdapat 66 data tidak berupa murakkab idhāfi dan tidak dibubuhi. Berdasarkan jenis tingkat perbandingannya, terdapat 66 data komparatif dan 34 data superlatif. Berdasarkan fungsi sintaksisnya, terdapat terdapat 53 data menempati fungsi sintaksis khabar

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Alquran; Ism al-tafdhῑl ; Morfologi; Sintaksis. __________________
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 20 Dec 2021 03:13
Last Modified: 20 Dec 2021 03:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47817

Actions (login required)

View Item View Item