Strengthening of Teacher Profession through Sustainability Master Works of Scientific Learning


Kemal Budi Mulyono, - (2021) Strengthening of Teacher Profession through Sustainability Master Works of Scientific Learning. Indonesian Journal of Devotion and Empowerment, 3 (1). pp. 38-43.

[thumbnail of artikel jurnal pengabdian.pdf] PDF
Download (896kB)

Abstract

Peran guru sesungguhnya juga membutuhkan pengembangan diri. Permasalahan yang dihadapi guru- guru dalam proses pembelajaran adalah keterbatasan pengetahuan pengembangan profesi keberlanjutan terutama untuk menulis karya ilmiah pembelajaran inovatif. Tujuan pengabdian kepada masyarakat in adalah: meningkatkan kompetensi guru dalam menulis karya ilmiah pembelajaran inovatif, dengan adanya pelatihan tersebut maka guru dapat meningkatkan karir kepangkatan serta dapat menciptakan pembelajaran yang inovatif. Solusi pemecahan masalah adalah: sosialisasi serta paparan konsep, membuat permodelan dilanjutkan simulasi model, karena saat ini kita dalam proses pandemic Corona Virus, oleh karena itu yang semula di lakukan secara tatap muka langsung, namun karena masa pandemi pengabdian dilakukan via daring (Dalam Jaringan), dari hal tersebut dilakukan kegiatan pelatihan penulisan penelitian tindakan kelas dan publikasi artikel. Target dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berjumlah 65 guru, namun ternyata pada hari pelaksanaan pendaftar meningkat menjadi 250 guru. Metode kegiatan pengabdian dimulai dari workshop pengetahuan dan pemahaman tentang penulisan karya ilmiah pembelajaran inovatif, melalui sesi diskusi dan tanya jawab, simulasi penulisan proposal, serta pendampingan dan monitoring serta evaluasi kegiatan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sustainability Profession, Scientific Papers
Subjects: L Education > teacher competence
L Education > L Education (General) > Performance of Teachers
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 16 Dec 2021 07:03
Last Modified: 16 Dec 2021 07:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47811

Actions (login required)

View Item View Item