TINGKAT KECEMASAN ATLET PENCAK SILAT KABUPATEN JEPARA PADA POPDA KARESIDENAN PATI TAHUN 2020 (Pengalaman Bertanding Pesilat Praremaja/SMP Putra Pekan Olahraga Pelajar Daerah Kabupaten Jepara)


Khawal Kamali, 6301416140 (2020) TINGKAT KECEMASAN ATLET PENCAK SILAT KABUPATEN JEPARA PADA POPDA KARESIDENAN PATI TAHUN 2020 (Pengalaman Bertanding Pesilat Praremaja/SMP Putra Pekan Olahraga Pelajar Daerah Kabupaten Jepara). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of TINGKAT KECEMASAN ATLET PENCAK SILAT KABUPATEN JEPARA PADA POPDA KARESIDENAN PATI TAHUN 2020 (Pengalaman Bertanding Pesilat Praremaja/SMP Putra Pekan Olahraga Pelajar Daerah Kabupaten Jepara)] PDF (TINGKAT KECEMASAN ATLET PENCAK SILAT KABUPATEN JEPARA PADA POPDA KARESIDENAN PATI TAHUN 2020 (Pengalaman Bertanding Pesilat Praremaja/SMP Putra Pekan Olahraga Pelajar Daerah Kabupaten Jepara)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan penelitian tingkat kecemasan atlet pencak silat putra SMP Kabupaten Jepara pada POPDA Karesidenan Pati tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kecemasan atlet pencak silat putra SMP kabupaten pada popda Karesidenan Pati tahun 2020. Metode peneletian ini adalah metode survei. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Populasi yang diambil dalam penelitian ini yaitu seluruh atlet pencak silat putra SMP Kabupaten Jepara yang berjumlah 8 orang. Instrumen penelitian diperoleh dari tes kecemasan melalui pengisian angket dan wawancara. Analisis data menggunakan indeks persentase. Dari hasil analisis tes kecemasan atlet pencak silat putra SMP pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Karesidenan Pati Tahun 2020 memiliki kriteria kecemasan sedang. Dengan memiliki rata-rata 26.50 dan presentase 47.32%. Terdapat tingkat kecemasan yang cukup tinggi pada diri atlet pencak silat putra Kabupaten Jepara pada POPDA Karesidenan Pati Tahun 2020. Saran perlu adanya pengembangan dalam penelitian ini supaya hasil selanjutnya akan lebih baik terutama dalam hal tingkat kecemasan atlet pencak silat di Kabupaten Jepara agar hasil saat bertanding di gelanggang menjadi maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: atlet, popda, kecemasan
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Dec 2021 03:21
Last Modified: 10 Dec 2021 03:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47783

Actions (login required)

View Item View Item