PENGARUH LATIHAN IMAGERY TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN PRESTASI ATLET RENANG KLUB FISH AQUATIC KABUPATEN WONOSOBO


Muhammad Firdaus Alfin Faza, 6301416128 (2020) PENGARUH LATIHAN IMAGERY TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN PRESTASI ATLET RENANG KLUB FISH AQUATIC KABUPATEN WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LATIHAN IMAGERY TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN PRESTASI ATLET RENANG KLUB FISH AQUATIC KABUPATEN WONOSOBO] PDF (PENGARUH LATIHAN IMAGERY TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN PRESTASI ATLET RENANG KLUB FISH AQUATIC KABUPATEN WONOSOBO) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya pengaruh latihan imagery terhadap kepercayaan diri dan prestasi atlet renang Klub Fish Aquatic Kabupaten Wonosobo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan imagery terhadap kepercayaan diri dan prestasi atlet renang Klub Fish Aquatic Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di Kolam Renang Waterjon, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet renang klub Fish Aquatic Kabupaten Wonosobo sebanyak 20 atlet. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 5 atlet. Instrumen pada penelitian ini adalah kuisioner dan tes kecepatan renang. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan 1) pretest posttes kepercayaan diri t hitung 3.497 > t tabel 2.776, maka terdapat perbedaan yang signifikan 2) pretest posttes kecepatan renang t hitung 4.445 > t tabel 2.776, maka terdapat perbedaan yang signifikan. Simpulan dari penelitian ini adalah 1) ada pengaruh latihan imagery terhadap kepercayaan diri atlet 2) ada pengaruh latihan imagery terhadap prestasi atlet. Disarankan kepada 1) bagi peneliti selanjutnya agar menambah variabel pembanding, mengontrol sampel serta menambah jumlah sampel 2) bagi pelatih agar menggunakan latihan imagery pada saat latihan 3) bagi atlet agar meningkatkan latihan mental.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi atlet, latihan imagery, kepercayaan diri.
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Dec 2021 03:04
Last Modified: 10 Dec 2021 03:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47780

Actions (login required)

View Item View Item