Dampak Pandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olaraga dan Kesehatan (Survei pada Guru Sekolah Menengah Pertama)


Nur Aisa Windawati, 6301416110 (2020) Dampak Pandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olaraga dan Kesehatan (Survei pada Guru Sekolah Menengah Pertama). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Dampak Pandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olaraga dan Kesehatan (Survei pada Guru Sekolah Menengah Pertama)] PDF (Dampak Pandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olaraga dan Kesehatan (Survei pada Guru Sekolah Menengah Pertama)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi mendapatkan informasi kendala dari dampak pandemi COVID-19 terhadap mata pelajaran PJOK pada guru SMP yang ada di Kabupaten Magelang. Dimana proses pembelajarannya dilaksanakan secara online. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh guru PJOK SMP yang ada di Kabupaten Magelang, berjumlah 21 guru. Instrumen pada penelitian ini berupa kuisioner menggunakan google form yang berisi 16 pernyataan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan data presentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebanyak 14,30% (3) guru mengalami dampak pembelajaran online akibat pandemi COVID-19 pada kategori cukup, terdapat 47,60% (10) guru mengalami dampak pembelajaran online akibat pandemi COVID-19 pada kategori tinggi, dan terdapat 38,10% (8) guru mengalami dampak pembelajaran online akibat pandemi COVID-19 pada kategori sangat tinggi. Mayoritas guru mata pelajaran PJOK SMP di Kabupaten Magelang merasakan dampak dari pembelajaran online akibat pandemi COVID-19 dengan rata-rata skor sebesar 63,86. Guru maupun instansi harus menyediakan atau memfasilitasi terlebih sarana prasarana yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran online serta guru lebih meningkatkan kemampuan dalam aspek literasi teknologi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: proses belajar mengajar, pembelajaran online, Pandemi COVID-19
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 09 Dec 2021 06:52
Last Modified: 09 Dec 2021 06:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47772

Actions (login required)

View Item View Item