PENGARUH LATIHAN METODE TARGET SERVING JARAK BERTAHAP DAN TETAP TERHADAP KETERAMPILAN SERVIS (Eksperimen pada atlet Klub Tenis Junior Kodim 0722 Kudus Tahun 2020)


Muhammad Rizki Abror, 6301416098 (2020) PENGARUH LATIHAN METODE TARGET SERVING JARAK BERTAHAP DAN TETAP TERHADAP KETERAMPILAN SERVIS (Eksperimen pada atlet Klub Tenis Junior Kodim 0722 Kudus Tahun 2020). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LATIHAN METODE TARGET SERVING JARAK BERTAHAP DAN TETAP TERHADAP KETERAMPILAN SERVIS (Eksperimen pada atlet Klub Tenis Junior Kodim 0722 Kudus Tahun 2020)] PDF (PENGARUH LATIHAN METODE TARGET SERVING JARAK BERTAHAP DAN TETAP TERHADAP KETERAMPILAN SERVIS (Eksperimen pada atlet Klub Tenis Junior Kodim 0722 Kudus Tahun 2020)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah servis merupakan serangan awal yang berfungsi membongkar pertahanan lawan dan berpotensi mendapatkan poin. Permasalahan penelitian ini: 1) Adakah pengaruh latihan servis dengan metode target serving jarak bertahap? 2) Adakah pengaruh latihan servis dengan metode target serving jarak tetap? 3) Metode manakah yang lebih baik antara keduanya? Penelitian ini penelitian kuasi eksperimen menggunakan Matching by Subject (M-S) desain. Menggunakan instrumen Hewitt Tennis Achievement Test (service placement test) untuk mengetahui keterampilan servis. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji beda dengan rumus paired sample t-test. Analisis data, didapat hasil: 1) Ada pengaruh latihan dengan metode target serving jarak bertahap dimana diperoleh thitung 3,156 > ttabel 2,571 pada kelompok eksperimen, 2) Ada pengaruh latihan dengan metode target serving jarak tetap dmana diperoleh thitung 2,919 > ttabel 2,571 pada kelompok kontrol, 3) Nilai rata-rata kelompok eksperimen 7.83 > kelompok kontrol 3.67. Peneliti memberikan saran kepada: 1) Kepada pelatih klub Tenis Junior Kodim 0722 Kudus untuk memberikan latihan dengan metode target serving jarak bertahap karena memberikan pengaruh kepada hasil servis, 2) Bagi peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian yang sama, disarankan memahami penelitian ini sebagai perbandingan dan melihat faktor-faktor kelemahan yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Servis Tenis, Target Serving, Jarak Bertahap, Jarak Tetap
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 09 Dec 2021 06:36
Last Modified: 09 Dec 2021 06:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47769

Actions (login required)

View Item View Item