PEMBELAJARAN DENGAN INSTAGRAM TENTANG PEMBUATAN DESAIN KARTU NAMA MENGGUNAKAN COREL DRAW PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA SMK N 4 SEMARANG


Irfan Naufal, 1102416032 (2021) PEMBELAJARAN DENGAN INSTAGRAM TENTANG PEMBUATAN DESAIN KARTU NAMA MENGGUNAKAN COREL DRAW PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA SMK N 4 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102416032_SKRIPSI - Irfan Naufal.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran desain grafis dan hasil pembagian angket online kepada siswa kelas X kompetensi keahlian Multimedia SMK N 4 Semarang, ternyata siswa mengalami masalah dalam memahami materi unsur-unsur desain grafis dan penggunaan Corel Draw pada mata pelajaran Desain Grafis. Sehingga, peneliti berusaha memberikan solusi dengan mengembangkan media pembelajaran yang memanfaatkan Instagram, namun media pembelajaran tersebut belum diketahui kelayakan dan efektivitasnya. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan, menguji kelayakan dan menguji efektivitas media pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Developement (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi, media pembelajaran telah dinyatakan layak digunakan, rata-rata nilai pretest siswa adalah 45,10 dan posttest adalah 64,46. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Wilcoxon Match Pairs Test, ditemukan bahwa nilai Asymp. Sig. (2 tailed) adalah 0,000, sehingga dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil pretest dan posttest, lalu juga ditemukan bahwa 35 siswa mengalami kenaikan nilai, serta tidak ada yang mengalami penurunan nilai atau memiliki nilai sama antara pretest dan posttest. Berdasarkan hasil Uji N-Gain, mendapatkan hasil rata-rata skor 0,3525, sehingga skor N-Gain termasuk sedang. Maka, pembelajaran desain grafis menggunakan media pembelajaran tersebut dinyatakan efektif digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan, maka menghasilkan sebuah media pembelajaran bernama Senenge Desain yang memanfaatkan akun Instagram untuk mengunggah konten pembelajaran dan tempat siswa melakukan proses pembelajaran, media pembelajaran tersebut juga dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa tentang materi unsur-unsur desain grafis dan penggunaan Corel Draw di mata pelajaran desain grafis kelas X kompetensi keahlian Multimedia SMK N 4 Semarang. Sehingga, Guru dapat menggunakan media pembelajaran tersebut untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa, serta dapat memudahkan siswa untuk melakukan pembelajaran di mana saja dan kapan saja dengan laptop atau handphone yang terkoneksi jaringan internet. Namun guru perlu lebih sering menggunakan media pembelajaran pada proses pembelajaran agar siswa lebih terbiasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, Instagram, Corel Draw, desain grafis.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Dec 2021 07:35
Last Modified: 07 Dec 2021 07:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47750

Actions (login required)

View Item View Item