HUBUNGAN ANTARA KESEHATAN MENTAL DAN KECEMASAN PASKA CEDERA DENGAN PRESTASI ATLET PENCAK SILAT


Ridho Gusti, 6301416083 (2020) HUBUNGAN ANTARA KESEHATAN MENTAL DAN KECEMASAN PASKA CEDERA DENGAN PRESTASI ATLET PENCAK SILAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA KESEHATAN MENTAL DAN KECEMASAN PASKA CEDERA DENGAN PRESTASI ATLET PENCAK SILAT] PDF (HUBUNGAN ANTARA KESEHATAN MENTAL DAN KECEMASAN PASKA CEDERA DENGAN PRESTASI ATLET PENCAK SILAT) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

PSHT Kecamatan Genuk merupakan salah satu organisasi pencak silat di Kota Semarang dengan segudang prestasi yang membanggakan, meskipun memiliki prestasi yang sangat baik, aspek kesehatan mental dan kecemasan paska cedera atlet harus diperhatikan guna mempertahankan performa atlet atletnya. Hal inilah yang membuat peneliti ingin meneliti bagaimanakah kondisi kesehatan mental dan kecemasan atlet paska cedera. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan variabel dalam penelitian ini adalah kesehatan mental, kecemasan paska cedera dan prestasi. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner yang diberikan kepada 5 atlet putra da 5 atlet putri yang berisi 2 kuisioner yaitu kesehatan mental dan kecemasan paska cedera. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1.) 29,9% antara kesehatan mental dengan prestasi, 2.) 1% antara kecemasan paska cedera dengan prestasi, 3.) 45% antara kesehatan mental dan kecemasan paska cedera dengan prestasi. Simpulan dari penelitian ini adalah 1.) Terjadi hubungan yang sedang antara kesehatan mental dengan prestasi 2.) Terjadi hubungan yang sangat lemah antara kesemasan paska cedera dengan prestasi. 3.) Terjadi hubungan yang kuat antara kesehatan mental dan kecemasan paska cedera dengan prestasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesehatan mental, kecemasan paska cedera, prestasi.
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 Dec 2021 04:21
Last Modified: 07 Dec 2021 04:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47748

Actions (login required)

View Item View Item