MANAJEMEN SPONSORSHIP BOLABASKET PADA EVENT DBL ACADEMY JOGJA TAHUN 2019/2020


Shaka Bianda Prakasa, 6301416074 (2020) MANAJEMEN SPONSORSHIP BOLABASKET PADA EVENT DBL ACADEMY JOGJA TAHUN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MANAJEMEN SPONSORSHIP BOLABASKET PADA EVENT DBL ACADEMY JOGJA TAHUN 2019/2020] PDF (MANAJEMEN SPONSORSHIP BOLABASKET PADA EVENT DBL ACADEMY JOGJA TAHUN 2019/2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

dan tertata. Event DBL Academy Jogja merupakan suatu event di bawah DBL Indonesia yang diadakan di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Event ini merupakan event yang terdiri dari event besar dan promosi. Perlu diuraikan secara jelas terkait proses manajemen yang dilakukan oleh divisi sponsor pada event bolabasket DBL Academy Jogja untuk bisa dijadikan panutan oleh divisi sponsor pada event lainnya. Oleh karena itu penelti ingin mengetahui bagiamana manajemen sponsorship bolabasket pada event DBL Academy Jogja Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di DBL Academy pada devisi sponsorship event yaitu devisi yang mengurus bagian sponsorship pada event bolabasket DBL Academy Jogja, dengan menggunakan assisten manajer dan divisi sponsor sebagai subyek penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode triangulasi yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian 1) Perencanaan yang dilakukan dengan penyusunan Program yang digunakan dalam mencari sponsor, Langkah dalam pencapaian sponsorship, Tujuan dan perekrutan tenaga kerja. 2) Pengorganisasian berisi Struktur divisi event, dan Koordinasi. 3) Penggerakan berisi pelaksanaan program, Kendala dalam proses sponsorship, dan Pengelolaan 4) Pengawasan dilakukan berupa pengawasan terhadap kinerja, dan evaluasi pada saat event berlangsung. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah manajemen sponsorship bolabasket pada event DBL Academy Jogja yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan sudah berjalan dengan baik sesuai dengan teori manajemen yang digunakan dalam penelitian ini. Saran dari penelitian ini adalah manajemen sponsorship event bolabasket DBL Academy Jogja perlu dipertahankan dan dikembangkan agar pelaksanaan sponsorship pada event selanjutnya bisa lebih baik dan bisa menambah sponsor yang lebih banyak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Event, DBL Academy Jogja
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 Dec 2021 04:16
Last Modified: 07 Dec 2021 04:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47747

Actions (login required)

View Item View Item