Persepsi Guru Terhadap Penggunaan Socrative Sebagai Media Penilaian Interaktif
Sri Wuli Fitriati, BHS INGGRIS UNNES Persepsi Guru Terhadap Penggunaan Socrative Sebagai Media Penilaian Interaktif. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2 (1). pp. 309-314. ISSN 2686-6404
PDF
Download (192kB) |
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi di dunia pendidikan hendaknya disambut baik oleh guru dan dijadikan pendorong untuk mengadopsi teknologi bagi kepentingan pembelajaran. Dengan memanfaatkan teknologi guru akan mampu memfasilitasi pembelajaran bermakna bagi siswa. Teknologi dapat dioptimalkan untuk membantu guru pada tahap persiapan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Dalam tahap penilaian guru dapat memanfaatkan berbagai macam aplikasi pembelajaran, salah satunya adalah Socrative. Aplikasi Socrative merupakan Web-based Student Responsive System (WSRS) yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran di kelas dan memfasilitasi guru semua mata pelajaran mendesain instrumen penilaian interaktif. Artikel ini focus mengeksplorasi pengalaman para guru setelah mengikuti pelatihan Socrative untuk mendesain dan menjalankan instrumen penilaian. Oleh karena itu pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi kasus dipilih sebagai desain penelitian. Studi ini melibatkan 30 guru mata pelajaran pada sebuah SMPN di kota Semarang. Sesudah pelatihan Socrative, para guru memperoleh pengalaman yang menarik dan merespon positif penggunaan aplikasi Socrative. Selain itu, mereka berpendapat bahwa kompetensi pedagogi terkait penggunaan teknologi juga meningkat. Hal ini dibuktikan para guru mampu mendesain instrumen penilaian berbasis aplikasi Socrative dan menjalankannya di kelas.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, guru, teknologi, Socrative, penilaian interaktif. |
Subjects: | P Language and Literature > PE English P Language and Literature > PR English literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 07 Dec 2021 03:07 |
Last Modified: | 07 Dec 2021 03:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47741 |
Actions (login required)
View Item |