Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Weblog Pada Kelas Content And Language Integrated Learning (CLIL)


Sri Wuli Fitriati, BHS INGGRIS UNNES (2019) Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Weblog Pada Kelas Content And Language Integrated Learning (CLIL). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS). pp. 357-364. ISSN 2686-6404

[thumbnail of 305-Article Text-1233-1-10-20200122 - SETYARINI SETYARINI.pdf] PDF
Download (261kB)

Abstract

Telah banyak penelitian dilakukan dalam upaya pengembangan model pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, namun penelitian yang menggabungkan model pembelajaran flipped classroom dengan weblog belum banyak mendapatkan perhatian. Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk: 1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pembelajaran flipped classroom berbasis weblog pada kelas Content and Language Integrated Learning (CLIL); 2) mengidentifikasi efek dari penerapan model pembelaarn ini terhadap minat belajar dan kualitas pembelajaran. Design penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan 32 IKIP PGRI Bojonegoro. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, interview, pre- dan post-test, serta kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah theme-analysis. Hasil penelitiian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat beberapa langkah dalam menerapkan model pembelajaran flipped classroom berbasis weblog, antara lain pre-action, action, dan tahap post-action; 2) terdapat beberapa efek positif yang dihasilkan setelah penerapan model pembelajaran ini antara lain meningkatkan motivasi, minat belajar dan hasil belajar mahamahamahasiswa. Penelitian lanjutan tentang bagaimana respon mahamahasiswa terhadap penerapan flipped classroom berbasis weblog direkomendasikan untuk dilakukan demi perbaikan penerapan model pembelajaran ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Flipped classroom, kualitas pembelajaran, minat belajar, Weblog
Subjects: P Language and Literature > PE English
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 06 Dec 2021 08:16
Last Modified: 06 Dec 2021 08:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47734

Actions (login required)

View Item View Item