SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) UNTUK APLIKASI BERBASIS ANDROID PETA JALUR TRANSPORTASI UMUM MENUJU OBJEK WISATA DI KABUPATEN WONOSOBO


Anjas Asyifarahman, 5101416020 (2021) SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) UNTUK APLIKASI BERBASIS ANDROID PETA JALUR TRANSPORTASI UMUM MENUJU OBJEK WISATA DI KABUPATEN WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101416020 - Anjas Asyifarahman.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Wonosobo merupakan daerah yang memiliki banyak potensi wisata. Setelah dilakukan pemetaan lokasi objek wisata di Kabupaten Wonosobo, maka peta tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengetahui informasi yang berkaitan dengan objek yang dipetakan. Informasi tentang jalur transportasi umum sangat penting bagi wisatawan dari luar wonosobo yang tidak membawa kendaraan pribadi dan belum mengetahui rute transportasi umum di Kabupaten Wonosobo. Tujuan dari penelitian ini adalah sistem informasi geografis dengan visualisasi data yang berisi informasi letak dan rute transportasi umum menuju objek wisata di Kabupaten Wonosobo yang disajikan dalam bentuk aplikasi android kepada wisatawan agar dapat memudahkan dalam perjalanan menuju objek wisata yang diinginkan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan instrument kuisioner / angket kelayakan media sebagai alat untuk pengambilan data dan penyajian data berupa deskriptif presentase sebagai kesimpulan pada akhir penelitian. Data primer pada penelitian ini berupa titik koordinat objek wisata dan jalur transportasi umum di Kabupaten Wonosobo dan Data sekunder berupa data spasial Kabupatem Wonosobo, foto objek wisata, foto angkutan umum, dan informasi umum objek wisata. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk pengujian aspek functionality dan usability. Hasil penelitian adalah: (1) Sistem informasi geografis peta jalur transportasi umum menuju objek wisata di Kabupaten Wonosobo dikembangkan hanya dengan berbasis Android, (2) Informasi yang disajikan berupa informasi objek wisata yang ada di Kabupaten Wonosobo, informasi transportasi umum, rute transportasi umum yang diperlukan untuk menuju ke lokasi wisata, dan jalur pendakian, (3) Pengujian yang dilakukan dengan pihak ahli yaitu: aspek functionality dengan nilai 0.9 (Memenuhi) dan aspek usability dari ahli pertama sebesar 80.0% dan ahli kedua sebesar 85.0. Sehingga didapat nilai rata – rata dari kedua ahli sebesar 82.5% (Memenuhi).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Geografis, Berbasis Android, Peta Jalur Transportasi
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 Dec 2021 04:12
Last Modified: 06 Dec 2021 04:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47714

Actions (login required)

View Item View Item