PEMBELAJARAN NILAI KONSERVASI DENGAN MEDIA CITRA MULTITEMPORAL PADA MATERI KONSERVASI FLORA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KONSERVASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 16 SEMARANG
Asti Lailla Ariandani, 3201416081 (2021) PEMBELAJARAN NILAI KONSERVASI DENGAN MEDIA CITRA MULTITEMPORAL PADA MATERI KONSERVASI FLORA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KONSERVASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 16 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Daerah Mijen dikenal sebagai daerah kawasan resapan air dan penghijauan. Akan tetapi saat ini sudah mengalami alih fungsi lahan menjadi pemukiman. Perubahan fungsi lahan tersebut mengakibatkan daerah yang berada pada hilir aliran sungai mengalami banjir yang meliputi Kecamatan Mangkang dan Kecamatan Tugu. Rendahnya pengetahuan dan kesadaran sumber daya manusia merupakan faktor utama yang menyebabkan rusaknya ekosistem yang keduanya dapat ditingkatkan dan dikembangkan melalui pendidikan. Pegetahuan dan kesadaran sumber daya manusia mengenai nilai konservasi sangat penting diberikan kepada siswa sekitar agar menumbuhkan kesadaran mengenai perilaku bertanggung jawab terhadap lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan konservasi menggunakan media citra multitemporal pada materi konservasi flora terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 16 Semarang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode ekperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 16 Semarang. Penentuan jumlah sampel menggunakan desain nonrandomized Control Group Pretes- Postest . Variabel pada penelitian ini yaitu pembelajaran nilai konservasi dengan media citra multitemporal dan pengetahuan konservasi siswa. Metode pengumpulan data dengan tes, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t�test, uji n-gain dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan siswa kelas XI SMA Negeri 16 Semarang mengalami peningkatan yang signifikan setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media citra satelit multitemporal. Hasil uji perbandingan rata-rata pengetahuan diperoleh nilai signifikansi 0,000 (nilai signifikansi 0,000 < 0,005) dapat dimaknai bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre test dan post test. Kategori dari peningkatan tersebut dilihat dengan uji n-gain yang diperoleh hasil sebesar 0,527 masuk dalam kategori peningkatan sedang. Saran yang dapat peneliti rekomendasikan yaitu (1) Kepada guru diharapkan untuk memanfaatkan sumber belajar dengan maksimal supaya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran geografi materi konservasi flora. (2) Siswa diharapkan mampu memanfaatkan media pembelajaran yang ada secara maksimal sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. (3) Bagi peneliti selanjutnya untuk bisa mengembangkan kembali penelitian ini
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Knowledge, Conservation Value, Media, Multitemporal Satellite Imagery. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 03:53 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 03:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47712 |
Actions (login required)
View Item |