PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISTEM EKSKRESI MANUSIA
Selly Nihayatus Sa’adah, 4001416055 (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISTEM EKSKRESI MANUSIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Abad 21 adalah masa yang menuntut individu supaya mampu meningkatkan kualitas dirinya karena pada masa ini, Ilmu, Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) berkembang semakin pesat. Disisi lain, adanya permasalahan yang sedang terjadi di dunia yaitu munculnya virus corona pada akhir tahun 2019, pelaksanaan pendidikan pada masa ini dilakukan dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Permasalahan yang muncul di SMP Darul Muqomah dengan menggunakan sistem PJJ yaitu: minat belajar siswa berkurang dan siswa tidak menjamin belajar di rumah. Sejalan dengan itu, siswa saat ini lebih banyak sibuk bermain game dengan HP android dari pada memilih belajar, permasalahan yang telah disebutkan tersebut dikarenakan keterbatasan guru dalam mengembangkan media sesuai situasi dan kondisi seperti sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif yang teruji kelayakannya dan mendapat respon baik dari siswa. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan dengan desain model Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi 6 tahap diantaranya yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi; (2) membuat perencanaan; 3) mengembangkan bentuk awal produk; (4) uji lapangan awal; (5) revisi produk utama; (6) uji lapangan untuk produk utama. Subjek penelitian ini adalah dosen, guru dan 26 siswa kelas VIII SMP Darul Muqomah. Variabel penelitian ini adalah variabel bebas berupa multimedia interaktif berbasis android dengan model discovery learning pada sistem ekskresi manusia. Instrumen penelitian ini diantaranya yaitu: 1) lembar angket validasi kelayakan multimedia oleh ahli dan ahli media, 2) lembar angket respon siswa terhadap multimedia. Data yang diperoleh dari instrumen tersebut kemudian dianalisis dengan cara jumlah skor yang diperoleh dibagi dengan jumlah skor maksimal kemudian di kali dengan 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pengembangan produk layak digunakan yang dibuktikan dengan analisis validasi 6 ahli media dan respon siswa. Hasil analisis tersebut diantaranya yaitu: kelayakan multimedia dengan memberikan 87,82% (sangat layak) oleh ahli materi, 86,72% (sangat layak) ahli media, dan respon siswa 82,32% (sangat baik). Simpulan penelitian adalah menghasilkan multimedia interaktif berbasis android dengan model discovery learning pada sistem ekskresi manusia dengan mendapat kriteria sangat layak oleh ahli dan respon sangat baik dari siswa. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu media sebaiknya dilengkapi kekurangannya yaitu tidak hanya berisi soal namun bisa dilengkapi materi atau bahan ajar dan mengembangkan lagi supaya tidak hanya membekali keterampilan abad 21 pada kemampuan pemecahan masalah saja.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, Android, Discovery Learning, Covid-19 |
Subjects: | T Technology > Information and Computer > Information System |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 02:35 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 02:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47700 |
Actions (login required)
View Item |