PROFIL TINGKAT KECEMASAN ATLET TAEKWONDO PADA CANDRADIMUKA TAEKWONDO CLUB TAHUN 2020


Sukma Yuniati, 6301416028 (2020) PROFIL TINGKAT KECEMASAN ATLET TAEKWONDO PADA CANDRADIMUKA TAEKWONDO CLUB TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PROFIL TINGKAT KECEMASAN ATLET TAEKWONDO PADA CANDRADIMUKA TAEKWONDO CLUB TAHUN 2020] PDF (PROFIL TINGKAT KECEMASAN ATLET TAEKWONDO PADA CANDRADIMUKA TAEKWONDO CLUB TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kecemasan tergambar dengan jelas ketika atlet akan bertanding, yang dapat mempengaruhi hasil prestasi atlet dalam bertanding. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kecemasan atlet taekwondo pada Candradimuka Taekwondo Club (CTC) Adiraja Kabupaten Cilacap pada tahun 2020. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik angket. Angket yang digunakan untuk mengukur tingkat kecemasan menggunakan alat ukur Sport Competition Anxiety Test (SCAT) yang dikembangkan R. Martens (1977) dalam buku 101 Performance Evaluation Tests (Brian Mackenzie, 2005). Populasi dalam penelitian ini adalah semua atlet taekwondo dojang Candradimuka Adiraja Kabupaten Cilacap. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 atlet terdiri dari 4 atlet putra dan 26 atlet putri. Analisa data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil tingkat kecemasan atlet dojang Candradimuka Adiraja Kabupaten Cilacap, untuk atlet putra termasuk dalam kategori sedang 2 atlet (50%) dan untuk kategori rendah 2 atlet (50%), serta untuk atlet putri yang termasuk dalam kategori tinggi 5 atlet (19%), kategori sedang 13 atlet (50%) dan kategori rendah 8 atlet (31%). Simpulan dalam penelitian ini adalah hasil tingkat kecemasan atlet putra dan atlet putri di dojang Candradimuka Adiraja Kabupaten Cilacap rata-rata memiliki tingkat kecemasan sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Taekwondo
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:07
Last Modified: 06 Dec 2021 02:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47693

Actions (login required)

View Item View Item