IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING (E-LEARNING) TIPE FULLY ONLINE PADA DIKLAT ADMINISTRASI DASAR DI BPSDMD PROVINSI JAWA TENGAH
Sri Hidayah, 1102416067 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING (E-LEARNING) TIPE FULLY ONLINE PADA DIKLAT ADMINISTRASI DASAR DI BPSDMD PROVINSI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Situasi pandemi mengharuskan adanya protokol kesehatan, social distancing, serta refusing anggaran. BPSDMD Provinsi Jawa Tengah berinovasi untuk melaksanakan pendidikan dan pelatihan secara online dengan memanfaatkan berbagai aplikasi dan strategi pembelajaran. Penelitian ini mengkaji tentang proses pembelajaran, faktor pendukung dan penghambat, serta tindak lanjut yang untuk meminimalisir permasalahan yang terjadi. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tempat penelitian dilakukan di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah. Subjek penelitiannya yaitu widyaiswara, pengelola, dan peserta diklat. Akurasi data diperoleh melalui proses triangulasi. Triangulasi yang digunakan adalah teknik pemeriksaan sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian implementasi model diklat administrasi dasar fully online dapat diketahui bahwa proses pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Faktor pendukung pembelajaran fully online yaitu fasilitas yang digunakan cukup memadai. Faktor penghambat meliputi: human error, jaringan internet, kurangnya koordinasi berbagai pihak. Tindak lanjut yang dapat dilakukan yaitu komunikasi lebih intens dan persiapan secara matang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Fully Online, Diklat Administrasi Dasar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 02:21 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 02:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47683 |
Actions (login required)
View Item |