PENGEMBANGAN BROSUR OBJEK WISATA KARIMUNJAWA DALAM BAHASA PERANCIS


Bella Btari Yolanda, 2301415006 (2021) PENGEMBANGAN BROSUR OBJEK WISATA KARIMUNJAWA DALAM BAHASA PERANCIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BROSUR OBJEK WISATA KARIMUNJAWA DALAM BAHASA PERANCIS - Bella Btari Yolanda.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu potensi sumber daya yang dapat dikembangkan oleh setiap daerah sebagai salah satu sumber devisa bagi negara. Untuk dapat memperkenalkan potensi pariwisata suatu daerah, cara yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan brosur wisata. Brosur pariwisata merupakan media informasi untuk memperkenalkan kepada wisatawan tentang objek wisata dan merupakan media promosi yang dapat memberi informasi dengan jelas untuk wisawatan terhadap suatu produk wisata yang di tawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan brosur objek wisata Karimunjawa dalam bahasa Perancis. Saat ini Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah hanya memiliki brosur dalam bahasa inggris. Untuk itu, perlu untuk mengembangkan brosur dalam bahasa Perancis sebagai media promosi terbaru dalam bahasa asing. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Dari sepuluh langkah yang terdapat pada konsep Sugiyono, penelitian ini menggunakan lima langkah, yaitu merumuskan potensi dan masalah, mengumpulkan data, membuat desain produk, validasi produk dan revisi produk. Hal ini dilakukan dengan alasan penelitian fokus pada pengembangan produk. Pengembangan ini didasarkan pada brosur yang telah ada dengan di tambahkan foto atau deskripsi yang lebih sesuai dengan tujuan promosi dan berdasarkan potensi yang ada. Pengembangan dilakukan dengan membuat desain produk brosur objek wisata Karimunjawa dalam bahasa Perancis berdasarkan data dari hasil analisis kebutuhan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah brosur wisata berbahasa Prancis yang berisi deskripsi objek wisata, fasilitas, hotel, denah, transportasi, dan kantor informasi pariwisata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Berbahasa Perancis, Brosur, Karimunjawa, Objek wisata
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Dec 2021 05:59
Last Modified: 01 Dec 2021 05:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47669

Actions (login required)

View Item View Item