PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN RASA INGIN TAHU SISWA


Elsa Noviana, 4101416030 (2021) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN RASA INGIN TAHU SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101416030 - Elsa Noviana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik, menguji kevalidan, dan menguji tingkat keterbacaan modul matematika berbasis open ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan rasa ingin tahu siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R&D) dengan Four-D sebagai model pengembangannya. Objek penelitian ini yaitu tingkat kelayakan dan tingkat keterbacaan modul matematika berbasis open ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan rasa ingin tahu siswa. Data diambil dengan instrumen lembar validasi dan lembar tingkat keterbacaan modul. Proses Validasi dilakukan oleh tiga validator ahli dan proses tingkat keterbacaan modul dilakukan oleh lima siswa kelas VIII. Keudian dianalisis dengan uji validasi dan uji keterbacaan. Hasil penelitian ini adalah Karakteristik modul matematika berbasis open ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan rasa ingin tahu siswa, terlihat dari unsur kontekstual dan keterkaitan open ended yang dimunculkan dalam setiap kegiatan. Hasil uji kelayakan menunjukkan persentasi sebesar 91,01 % yang berarti modul dikategorikan layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Hasil uji tingkat keterbacaan menunjukkan persentase sebesar 83,5 % yang berarti tingkat keterbacaan modul berada pada kriteria mudah dipahami.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul, Open Ended, Berpikir Kreatif Matematis, Rasa Ingin Tahu Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Dec 2021 05:29
Last Modified: 01 Dec 2021 05:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47666

Actions (login required)

View Item View Item