STUDI KOMPARASI PENCAPAIAN KETERAMPILAN KOLABORATIF SISWA ANTARA PEMBELAJARAN BLENDED DAN FACE TO FACE PADA MODEL PROJECT-BASED LEARNING UNTUK MATERI HIDROLISIS


Irawan, 4301416056 (2021) STUDI KOMPARASI PENCAPAIAN KETERAMPILAN KOLABORATIF SISWA ANTARA PEMBELAJARAN BLENDED DAN FACE TO FACE PADA MODEL PROJECT-BASED LEARNING UNTUK MATERI HIDROLISIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301416056 - Irawan Unnes.pdf] PDF - Published Version
Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan serta seberapa besar nilai signifikansi pencapaian keterampilan kolaboratif siswa antara pembelajaran blended dan face to face pada model project-based learning untuk materi hidrolisis. Penelitian eksperimen ini menggunakan kelas eksperimen 1 dan 2 yang dipilih dengan convenience sampling. Penilaian keterampilan kolaboratif dilakukan pada aspek keterampilan dan sikap, kemudian penilaian pengetahuan untuk mengetahui pemahaman siswa pada materi hidrolisis. Penilaian aspek keterampilan dilakukan melalui kegiatan observasi dengan analisis deskriptif. Data log chat siswa saat melakukan diskusi dianalisis secara deskriptif. Penilaian aspek pengetahuan dilakukan melalui tes pilihan ganda dengan analisis Rasch Model. Penilaian aspek sikap dilakukan melalui angket penilaian diri dengan analisis Rasch Model. Hasil data keterampilan menunjukkan persentase ketercapaian tiap indikator keterampilan kolaboratif sebesar ≥75% di kedua kelas. Berdasarkan data log chat waktu diskusi siswa kelas eksperimen 2 lebih panjang daripada kelas eksperimen 1. Pada data pengetahuan, butir tersukar terletak pada butir 11 di kedua kelas. Pada data sikap, siswa yang memiliki sikap kolaboratif tertinggi adalah siswa AL526 di kelas eksperimen 1 dan AP432 di kelas eksperimen 2. Hasil Uji Mann-Whitney menunjukkan tidak terdapat perbedaan dengan nilai signifikansi sebesar 0,762 pada data keterampilan, 0,968 pada data pengetahuan, 0,552 pada data sikap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan kolaboratif, project-based learning, blended learning, hidrolisis garam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Dec 2021 02:31
Last Modified: 01 Dec 2021 02:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47662

Actions (login required)

View Item View Item