EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA FOTONOVELA KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA


Margareta Rahayuningsih, FMIPA BIOLOGI (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA FOTONOVELA KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA. Unnes Science Education Journal, 5 (3). ISSN 2252-6617

[thumbnail of 13186-Article Text-26784-2-10-20180102.pdf] PDF
Download (323kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan media Fotonovela keanekaragaman hayati terhadap kemampuan psikomotorik siswa di SMAN 1 Boja. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester gasal tahun ajaran 2016/2017 sebanyak sembilan kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dengan nilai produk, aktivitas siswa pada saat presentasi dan nilai akhir siswa, kemudian data dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis rerata nilai akhir siswa kelas eksperimen yaitu 3,52 dengan predikat A-, sedangkan kelas kontrol yaitu 2,94 dengan predikat B. Jadi dapat disimpulkan bahwa nilai rerata kelas eksperimen lebih dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan media Fotonovela keanekaragaman hayati efektif terhadap kemampuan psikomotorik siswa di SMAN 1 Boja.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: keanekaragaman hayati, media Fotonovela, model pembelajaran project based learning
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 18 Nov 2021 07:37
Last Modified: 18 Nov 2021 07:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47627

Actions (login required)

View Item View Item