Pengaruh Persepsi Guru mengenai Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Madrasah Aliyah se- Kabupaten Banyumas

Annisa Rahmatun Sjarif, 3301404083 (2008) Pengaruh Persepsi Guru mengenai Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Madrasah Aliyah se- Kabupaten Banyumas. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Persepsi Guru mengenai Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Madrasah Aliyah se- Kabupaten Banyumas) - Published Version
Download (20Kb)

    Abstract

    Rahmatun Sjarif, Annisaa. 3301404083. Pengaruh Persepsi Guru mengenai Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Madrasah Aliyah se- Kabupaten Banyumas. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, UNNES. Pembimbing: I. Drs. Subkhan, II. M. Khafid, S.Pd, M.Si. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Madrasah, Iklim Organisasi, Kinerja Guru. Kualitas pendidikan, tidak terlepas dari peningkatan kualitas kinerja guru. Faktor guru memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja guru adalah kepemimpinan kepala madrasah. Selain itu faktor iklim organisasi juga dapat meningkatkan kinerja guru agar lebih optimal. Atas dasar tersebut, penulis tertarik untuk mengangkat permasalahan tentang : 1) Adakah pengaruh persepsi guru mengenai kepemimpinan kepala madrasah dan iklim organisasi terhadap kinerja guru Ekonomi Madrasah Aliyah se Kabupaten Banyumas?, 2) Seberapa besar pengaruh persepsi guru mengenai kepemimpinan kepala madrasah dan iklim organisasi terhadap kinerja guru Ekonomi Madrasah Aliyah se Kabupaten Banyumas? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Ingin mengetahui pengaruh persepsi guru mengenai kepemimpinan kepala madrasah dan iklim organisasi terhadap kinerja guru Ekonomi Madrasah Aliyah se Kabupaten Banyumas, 2) Ingin mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi guru mengenai kepemimpinan kepala madrasah dan iklim organisasi terhadap kinerja guru Ekonomi Madrasah Aliyah se Kabupaten Banyumas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Ekonomi Madrasah Aliyah di Kabupaten Banyumas yang berjumlah 28 guru. Sampel penelitian ini menggunakan sampel populasi karena jumlah populasi kurang dari 100 unit. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari persepsi guru mengenai kepemimpinan kepala madrasah dan iklim organisasi sebagai variabel bebas, serta kinerja guru sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh persepsi guru mengenai kepemimpinan kepala madrasah saat ini berkategori cukup baik (46,43%), iklim organisasi berkategori baik (50,00%), dan kinerja guru masuk kategori cukup baik (53,57%). Uji regresi menunjukkan hasil uji parsial untuk variabel persepsi guru mengenai kepemimpinan kepala madrasah diperoleh signifikansi 0,039 dan untuk variabel iklim organisasi 0,006 yang keduanya < 0,5 , hasil uji secara simultan diperoleh signifikansi 0,000 < 0,5. Besarnya pengaruh secara parsial untuk variabel persepsi guru mengenai kepemimpinan kepala madrasah adalah 15,9% dan iklim organisasi 26,2% sedangkan pengaruh secara simultan sebesar 55,1%. Simpulan yang diperoleh bahwa persepsi guru mengenai kepemimpinan kepala madrasah dan iklim organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru Ekonomi Madrasah Aliyah se Kabupaten Banyumas. Mengacu dari hasil penelitian ini, diajukan saran: 1) Kepala madrasah sebaiknya giat mengikuti seminar mengenai kepemimpinan untuk meningkatkan kemampuannya, 2) Pihak madrasah hendaknya mengusahakan pembenahan kondisi fisik madrasah dengan mengajukan proposal ke dinas yang terkait dan memperbaiki sistem dalam madrasah agar lebih terorganisir.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Iklim Organisasi, Kinerja Guru.
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 27 Sep 2011 02:35
    Last Modified: 27 Sep 2011 02:36

    Actions (login required)

    View Item