ANALISIS AWALAN DAN TUMPUAN LOMPAT JAUH ATLET PUTRA FINAL PEKAN OLAHRAGA JAWA TENGAH TAHUN 2018


UMAR HAMDAN, 6301413115 (2019) ANALISIS AWALAN DAN TUMPUAN LOMPAT JAUH ATLET PUTRA FINAL PEKAN OLAHRAGA JAWA TENGAH TAHUN 2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS AWALAN DAN TUMPUAN LOMPAT JAUH ATLET PUTRA FINAL PEKAN OLAHRAGA JAWA TENGAH TAHUN 2018] PDF (ANALISIS AWALAN DAN TUMPUAN LOMPAT JAUH ATLET PUTRA FINAL PEKAN OLAHRAGA JAWA TENGAH TAHUN 2018) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimanakah Gerak Awalan dan Tumpuan lompat Jauh Atlit Putra Final Pekan Olahraga Provinsi JawaTengah 2018 di Solo sehingga dapat diketahui kelebihan dan kelemahan gerakan teknik yang di tampilkan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Instrumrn penelitian ini menggunakan kisi-kisi lembar analisa tahap awalan dan tumpuan. Melibatkan populasi atlet lompat jauh putra pada PORPROV 2018. Penelitian ini menggunakan penelitian sampel jumlah 7 atlet. Metode analisis dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan diperoleh hasil bahwa pada tahap awalan seluruh sampel sudah menunjukan peningkatan kecepatan lari awalan setiap 8 meter, rata-rata kecepatan dari seluruh sampel adalah 6,43 m/dt dan 4 sampel yang belum menunjukan gerak lari awalan yang akseleratif dan berirama. Pada tahap bertolak (take off) seluruh sampel sudah menunjukan gerakan bertumpu yang aktif dan sudut tekuk amortisasi yang berada di rentang 1190 - 1520 agar strain energi pada sendi lutut dapat dimanfaatkan atlet untuk memperoleh momentum pada saat bertolak. Kepada pelatih hendaknya menggunakan alat bantu perekam sehingga akan mempermudah pada saat mengevaluasi gerak teknik atletnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis awalan,analisi tumpuan, dan lompat jauh
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 02 Nov 2021 07:25
Last Modified: 02 Nov 2021 07:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47474

Actions (login required)

View Item View Item