SURVEI PEMBINAAN OLAHRAGA PENCAK SILAT USIA DINI DI KOTA SURAKARTA


Ihda Diyaur Rahman, 6211416129 (2020) SURVEI PEMBINAAN OLAHRAGA PENCAK SILAT USIA DINI DI KOTA SURAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEI PEMBINAAN OLAHRAGA PENCAK SILAT USIA DINI DI KOTA SURAKARTA] PDF (SURVEI PEMBINAAN OLAHRAGA PENCAK SILAT USIA DINI DI KOTA SURAKARTA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pencak silat adalah salah satu seni bela diri tradisional Indonesia yang dipertandingkan dari berbagai kalangan usia dan memberi peluang dalam meraih prestasi. Surakarta merupakan salah satu kota yang memiliki prestasi dalam olahraga pencak silat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pembinaan, serta pengawasan dalam pembinaan olahraga pencak silat usia dini di Kota Surakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Dispora, KONI, dan IPSI Kota Surakarta dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara dan observasi. Pemeriksaan keabsahan data penelitian ini dengan triangulasi data dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pembinaan olahraga atlet pencak silat usia dini di Kota Surakarta sudah dilaksanakan secara bertahap dan berjalan dengan baik. 2) Program latihan yang diberikan sangat dipertimbangkan dengan baik agar sesuai untuk anak usia dini, dan sudah berjalan dengan baik. 3) Perekrutan pelatih oleh Dispora, KONI, dan IPSI Kota Surakarta sudah berjalan dengan baik karena dalam pembinaan pencak silat usia dini, pelatih harus memiliki kemampuan di bidang pencak silat dan sertifikat kepelatihan. 4) Perekrutan atlet oleh Dispora, KONI, dan IPSI Kota Surakarta sudah berjalan dengan baik. Karena atlet direkrut melalui seleksi dan menjadi poin tambahan jika atlet memiliki prestasi di bidang pencak silat sehingga atlet yang dipilih merupakan atlet yang terbaik. 5) Sarana dan prasarana pencak silat dalam program pembinaan usia dini sudah lengkap dan sesuai dengan standar yang ada. Dapat disimpulkan bahwa program pembinaan usia dini di Kota Surakarta sudah berjalan dengan baik baik dari proses pemassalan, pembibitan, dan pembinaan; pelatih; atlet; program latihan; hingga sarana dan prasarana, dan prestasi setiap tahun selalu meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Survei Pembinaan, Pencak Silat, Usia Dini
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 02 Nov 2021 03:20
Last Modified: 02 Nov 2021 03:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47459

Actions (login required)

View Item View Item