SISTEM APLIKASI UNTUK MENGUKUR KONDISI FISIK (STEFI) PADA MAHASISWA ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Tegar Bhakti Sandiyudha, 6211416128 (2020) SISTEM APLIKASI UNTUK MENGUKUR KONDISI FISIK (STEFI) PADA MAHASISWA ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SISTEM APLIKASI UNTUK MENGUKUR KONDISI FISIK (STEFI) PADA MAHASISWA ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG] PDF (SISTEM APLIKASI UNTUK MENGUKUR KONDISI FISIK (STEFI) PADA MAHASISWA ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang pesat di zaman modern ini, salah satunya pada bidang olahraga khususnya kondisi fisik yang harus diukur sehingga dengan berkembangnya teknologi berupa aplikasi dapat membantu untuk mengevaluasi hasil tes kondisi fisik dengan efektif dan efisien khususnya di FIK UNNES karena masih menggunakan cara manual yaitu paper form. Tujuan dari penelitian ini untuk membuat dan mengembangkan suatu produk berbasis software dalam bidang olahraga khususnya kondisi fisik yang berguna dalam meningkatkan kinerja operator dengan efektif dan efisien. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah research and development dengan sampel mahasiswa dan mahasiswi FIK UNNES yang dipilih secara acak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar kuisioner,dengan teknik analisis data deskriptif kuantitaif berbentuk presentase. Pada hasil penelitian ini berdasarkan uji coba kelompok kecil dan lapangan didapatkan penurunan dari pengetahuan tentang tes kondisi fisik sebesar berapa 3,3% dari 70% ke 66,7%. Sedangkan untuk pengetahuan tentang aplikasi STEFI mengalami peningkatan sebesar 30,4% dari 40% ke 70,4%, serta pada implementasi dan operasi mengalami peningkatan sebesar 21,5% dari 60% ke 81,5% serta produk STEFI mendapatkan respon yang baik hasil ini didapatkan berdasarkan kuisioner dengan indikator skala Likert. Kesimpulan, produk STEFI efektif dan efisien dalam menghemat waktu dan membantu operator dalam menghitung nilai dari tes kondisi fisik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi; STEFI; Tes Kondisi Fisik
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 02 Nov 2021 03:08
Last Modified: 02 Nov 2021 03:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47458

Actions (login required)

View Item View Item