ANALISIS BIOMEKANIKA FREE THROW PADA PEMAIN BOLA BASKET SMA N 2 MRANGGEN SESUAI DENGAN KAIDAH SHOOTING DAVE HOPLA


Wisnu Kerta Raharja, 6211416115 (2020) ANALISIS BIOMEKANIKA FREE THROW PADA PEMAIN BOLA BASKET SMA N 2 MRANGGEN SESUAI DENGAN KAIDAH SHOOTING DAVE HOPLA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS BIOMEKANIKA FREE THROW PADA PEMAIN BOLA BASKET SMA N 2 MRANGGEN SESUAI DENGAN KAIDAH SHOOTING DAVE HOPLA] PDF (ANALISIS BIOMEKANIKA FREE THROW PADA PEMAIN BOLA BASKET SMA N 2 MRANGGEN SESUAI DENGAN KAIDAH SHOOTING DAVE HOPLA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Menembak merupakan salah satu hal terpenting dari beberapa dasar bermain basket yang harus dikuasai seorang pemain. Karena dalam permainan bola basket tembakan merupakan kunci dari terciptanya sebuah angka. Meskipun free throw dapat dikatakan mudah dari teknik tembakan yang lainnya. Tapi dalam kenyataannya tidak semua pemain mahir dalam melakukan tembakan ini. agar dapat melihat bagaimana gerakan yang benar, dibutuhkan biomekanika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis free throw dan mengetahui efektivitas gerakan free throw. Metode penelitin yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan pengukuran, dari tes menggunakan tes shooting precision. Kemudian dokumentasi rekaman video rangkaian gerakan free throw di analisis menggunakan software analisis Dartfish versi 8. Gerakan persiapan yang dilakukan oleh ke lima responden menunjukan hasil yang baik dengan persentase 84%. Dengan kriteria baik. Gerakan awalan sudut lengan yang mendekati 90° jika tidak diiringi faktor lain seperti sudut tungkai, sudut lemparan dan kecepatan laju bola tidak menentukan keberhasilan free throw. Sedangkan gerakan pelaksanaan menunjukan sudut tungkai yang membentuk tekukan lutut antara 90º-120º dapat menentukan keberhasilan free throw. gerakan pelepasan yang membentuk sudut 49°-55° menghasilkan tembakan free throw yang lebih baik yang membuat bola bergerak parabola. Dengan di sertai kaki berjinjit ketika bola release. Free throw yang benar dibagi menjadi empat fase dengan setiap fase mempunyai disiplin gerakan yang berbeda-beda. Menunjukan bahwa panduan shooting free throw dari Dave Hopla mudah untuk dipelajari sesuai analisis biomekanika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Biomeknika, Free Throw, Kaidah Shooting Dave Hopla
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 02 Nov 2021 03:02
Last Modified: 02 Nov 2021 03:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47457

Actions (login required)

View Item View Item