STUDI EKSPLORASI PEMBENTUKAN OLAHRAGA PETANQUE DI KABUPATEN PATI


Nur Septiana, 6211416105 (2020) STUDI EKSPLORASI PEMBENTUKAN OLAHRAGA PETANQUE DI KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STUDI EKSPLORASI PEMBENTUKAN OLAHRAGA PETANQUE DI KABUPATEN PATI] PDF (STUDI EKSPLORASI PEMBENTUKAN OLAHRAGA PETANQUE DI KABUPATEN PATI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tahun 2015 sebelum terbentuknya pengkab FOPI, di Kabupaten Pati sudah ada arbite berlisensi nasional yang juga pernah mengikuti kejuaraan petanque dan memperoleh penghargaan. Pengkab FOPI di Kabupaten Pati baru terbentuk pada tahun 2019, meskipun telah memiliki ARBITE Nasional beberapa tahun yang lalu. Fokus masalah dalam penelitian adalah tentang studi eksplorasi pembentukan olahraga petanque di Kabupaten Pati. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perkembangan olahraga petanque dari sosialisasi sampai kelengkapan sarana dan prasarana yang mendukung. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengambilan data dengan purposive sampling. Lokasi penelitian di KONI Kabupaten Pati dan Lapangan Petanque di Jl. Kh. Ah. Mutamakkin Rt.02 Rw.02 Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati. Dengan narasumber yang pertama dari pengurus KONI Bidang Pembinaan Prestasi, narasumber kedua yaitu Ketua Pengurus Kabupaten FOPI Kabupaten Pati. Narasumber ketiga yaitu ARBITE Nasional yang berdomisili di Kabupatren Pati. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi data. Teknis analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa perkembangan olahraga petanque di Kabupaten Pati telah berkembang dengan wadah atau pengkab yang telah diresmikan oleh Pengprov FOPI Jawa Tengah pada bulan Desember tahun 2019. Meskipun masih belum meluasnya sosilaisasi olahraga petanque dengan fasilitas lapangan yang masih seadanya dan sarana yang masih minim. Kabupaten Pati memiliki atlet yang telah bertanding dibeberapa kejuaraan sebelum adanya pengkab dan telah memiliki Arbite Nasional sejak tahun 2015. Simpulan hasil penelitian ini yaitu perkembangan olahraga petanque di Kabupaten Pati sudah cukup berkembang dengan adanya pengkab yang diresmikan pada 9 Desember 2019. Sudah banyak masyarakat yang mengetahui olahraga petanque khususnya yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi dan petanque sudah masuk dalam kejuaraan POPDA. Fasilitas sarana dan prasarana yang masih minimal dengan ukuran lapangan 12 m x 3 m tetapi tidak menghambat atlet untuk berlatih.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan, Sosialisasi, Olahraga, Olahraga Petanque
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 02 Nov 2021 02:43
Last Modified: 02 Nov 2021 02:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47455

Actions (login required)

View Item View Item