STANDARISASI LAPANGAN BOLA TANGAN DI GOR MANUNGGAL JATI KOTA SEMARANG


Ryan Wildhan HabibI, 6211416087 (2020) STANDARISASI LAPANGAN BOLA TANGAN DI GOR MANUNGGAL JATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STANDARISASI LAPANGAN BOLA TANGAN DI GOR MANUNGGAL JATI KOTA SEMARANG] PDF (STANDARISASI LAPANGAN BOLA TANGAN DI GOR MANUNGGAL JATI KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Sarana dan prasarana merupakan faktor pendukung keberhasilan pembinaan olahraga, dengan upaya meningkatkan prestasi. Salah satu sarana dan prasarana olahraga bola tangan yang paling penting adalah lapangan. Lapangan bola tangan di Jawa Tengah masih banyak lapangan yang dibuat seadanya, dan belum sesuai dengan standar yang ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah lapangan olahraga bola tangan di GOR Manunggal Jati telah memenuhi standarisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik triangulasi data yaitu obserasi, wawanara, dan dokumentasi. Triangulasi merupakan suatu metode yang digunakan untuk mendapatkan atau mencari data dari sumber yang berbeda-beda dengan teknik yang sama. Objek dalam penelitian ini adalah lapangan bola tangan di Gor Manunggal Jati Semarang. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif naratif. Hasil dari obserasi, wawanara dan dokmentasi dalam penelitian ini meunjukan bahwa Gor Manunggal Jati memiliki tipe B. Lapangan bola tangan di Gor Manunggal Jati Semarang memiliki ukuran yang sudah sesuai dengan standar IHF 40x20 meter. Hampir semua bagian-bagian yang ada di dalam lapangan bola tangan sudah memenuhi standar IHF. Masih banyak fasilitas yang tidak terawat dengan baik, namun pelayanan di Gor Manunggal Jati ukup memuaskan. Dapat disimpulkan bahwa Gor Manunggal Jati Kota Semarang tersebut dikatakan sudah berstandar nasional. Ukuran lapangan bola tangan di Gor Manunggal Jati sudah tergolong standar IHF.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bola Tangan, Standarisasi, Lapangan
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 29 Oct 2021 02:41
Last Modified: 29 Oct 2021 02:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47444

Actions (login required)

View Item View Item