PERENCANAAN DAN PENGORGANISASIAN PENYELENGGARAAN PIALA SOERATIN U-17 JAWA TENGAH TAHUN 2019


Nandika Arya Diputra, 6211416050 (2020) PERENCANAAN DAN PENGORGANISASIAN PENYELENGGARAAN PIALA SOERATIN U-17 JAWA TENGAH TAHUN 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERENCANAAN DAN PENGORGANISASIAN PENYELENGGARAAN PIALA SOERATIN U-17 JAWA TENGAH TAHUN 2019] PDF (PERENCANAAN DAN PENGORGANISASIAN PENYELENGGARAAN PIALA SOERATIN U-17 JAWA TENGAH TAHUN 2019) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Nandika Arya Diputra. 2020. Perencanaan Dan Tahap Pengorganisasian Penyelenggaraan Piala Soeratin U-17 Jawa Tengah Tahun 2019. Skripsi Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang. Gustiana Mega Anggita, S. Pd. Jas., M. Or. Keberhasilan pembinaan olahraga sepakbola tidak hanya dilakukan dengan latihan saja, namun juga melalui kompetisi yang telah terencana, berjenjang, dan mempunyai sistem serta tujuan yang jelas. Salah satu upaya dalam pembinaan pemain usia muda, yaitu adalah dengan adanya suatu event atau kompetisi yang baik. Event yang sukses tentunya mampu mencapai tujuan yang ingin dicapai dalam suatu penyelenggaraan event, serta mempunyai suatu sistem perencanaan dan pengorganisasian yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem perencanaan dan pengorganisasian yang dilakukan oleh Asprov PSSI Jawa Tengah dalam menyelenggarakan event olahraga Piala Soeratin U-17 regional Jawa Tengah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini meliputi 2 pengurus Asprov Jawa Tengah, 3 operator kompetisi, dan 3 panitia lokal Piala Soeratin U-17 Jawa Tengah. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan dan pengorganisasian yang dilakukan pada penyelenggaraan event Piala Soeratin U-17 Jawa Tengah 2019 antara lain 1) struktur kepanitiaan dibentuk secara lengkap dan berdasarkan surat keputusan resmi, 2) program kerja kegiatan telah di direncanakan dan dilaksanakan sesuai timeline, 3) sarana dan prasarana telah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, 4) sistem pendanaan yang kurang memadai dikarenakan hanya menggunakan biaya pendaftaran dari peserta event kompetisi. Simpulan dari penelitian ini yaitu perencanaan dan pengorganisasian pada penyelenggaraan event Piala Soeratin U-17 Jawa Tengah 2019 telah dilaksanakan sesuai dengan kriteria perencanaan dan pengorganisasian penyelenggaraan event berdasarkan teori manajemen olahraga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Pengorganisasian, Event, Piala Soeratin
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 29 Oct 2021 01:35
Last Modified: 29 Oct 2021 01:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47443

Actions (login required)

View Item View Item