PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP TIDUR SIANG (POWER NAP) DAN MASSAGE KEPALA DALAM MEMPERCEPAT PROSES RECOVERY (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang)


Fuadah Nor Wiqoyatul Milla, 6211416048 (2020) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP TIDUR SIANG (POWER NAP) DAN MASSAGE KEPALA DALAM MEMPERCEPAT PROSES RECOVERY (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP TIDUR SIANG (POWER NAP) DAN MASSAGE KEPALA DALAM MEMPERCEPAT PROSES RECOVERY (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang)] PDF (PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP TIDUR SIANG (POWER NAP) DAN MASSAGE KEPALA DALAM MEMPERCEPAT PROSES RECOVERY (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Power nap dan massage kepala termasuk dalam proses recovery pasif, di mana recovery pasif tidak membutuhkan gerakan sama sekali dan cukup membiarkan tubuh beristirahat saat duduk atau berbaring. Hal itu merupakan salah satu penyeimbang tubuh dalam tahap adaptasi setelah latihan ataupun melakukan aktivitas dengan intensitas yang cukup tinggi. Namun, masih banyak mahasiswa yang belum mengerti akan pentingnya power nap dan massage kepala bagi tubuh, terutama dalam fungsi berpikir. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa ilmu keolahragaan terhadap power nap dan massage kepala dalam mempercepat proses recovery. Teknik pengambilan data menggunakkan purposive sampling dengan menyebar angket menggunakan skala ‘likert’. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan angkatan 2017 berjenis kelamin laki-laki. Pengambilan data penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus tahun 2020. Penelitian ini mendapatkan responden sebanyak 21 orang. Penelitian ini dilakukan di kediaman masing-masing responden melalui media google form, dikarenakan terbatasnya keadaan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu tingkat persepsi mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan angkatan 2017 terhadap power nap sebesar 50,2%, yang termasuk dalam kategori cukup, dan persepsi mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan angkatan 2017 terhadap massage kepala sebesar 45,6%, yang termasuk dalam kategori cukup. Melalui penelitian ini, mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan Tahun 2017 lebih mengerti informasi yang lebih lagi mengenai power nap dan massage kepala dalam mempercepat proses recovery. Penelitian ini juga dapat digunakan sebagai acuan peneliti selanjutnya untuk dapat memperdalam penelitian mengenai power nap atau pun massage kepala dalam mempercepat proses recovery, terlebih melalui metode eksperimen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Power nap, Massage kepala, Recovery
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 28 Oct 2021 03:54
Last Modified: 28 Oct 2021 03:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47440

Actions (login required)

View Item View Item