PEMBINAAN CABANG OLAHRAGA BULUTANGKIS PADA KLUB PERSATUAN BULUTANGKIS GATRA PINO SEMARANG


Dizah Irni Samanik, 6211416003 (2020) PEMBINAAN CABANG OLAHRAGA BULUTANGKIS PADA KLUB PERSATUAN BULUTANGKIS GATRA PINO SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBINAAN CABANG OLAHRAGA BULUTANGKIS PADA KLUB PERSATUAN BULUTANGKIS GATRA PINO SEMARANG] PDF (PEMBINAAN CABANG OLAHRAGA BULUTANGKIS PADA KLUB PERSATUAN BULUTANGKIS GATRA PINO SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Olahraga bulutangkis berperan sebagai media untuk mengembangkan potensi dan bakat atlet berprestasi. Prestasi yang telah ditorehkan ini memberikan kesadaran kepada masyarakat dan instansi terkait pentingnya pembinaan yang baik akan menghasilkan atlet-atlet berprestasi. Persatuan Bulutangkis Gatra Pino Semarang adalah salah satu dari beberapa banyaknya klub di daerah Semarang. Para atlet bulutangkis dibawah binaan Persatuan Bulutangkis Gatra Pino Semarang setiap tahun mengalami peningkatan prestasi. Tujuan dari penelitian ini mengetahui pembinaan cabang olahraga bulutangkis pada klub persatuan bulutangkis gatra pino semarang yang ditinjau dari pelaksanaan pembinaan, perekrutan pelatih, perekrutan atlet, program latihan dan sarana prasarana. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara. Subjek penelitian terdiri 11 responden yaitu pengurus, pelatih dan atlet. Pemeriksaan keabsahan data penelitian ini dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: 1) Pembinaan atlet di PB Gatra Pino Semarang melalui tahap pemassalan, pembibitan, pembinaan. 2) Perekrutan pelatih di PB Gatra Pino Semarang ada pelatih yang belum bersertifikat standart BWF. 3) Perekrutan atlet bulutangkis di PB Gatra Pino Semarang perekrutan atlet melalui degradasi promosi atlet. 4) Pelaksanaan program latihan yang diberikan sesuai dengan prinsip latihan yang ada dan setiap pelatih mempunyai program latihan yang efektif dan efesien untuk meningkatkan kualitas atlet. 5) Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh PB Gatra Pino Semarang tempat yang digunakan untuk latihan masih menyewa dan ada kurangnya perlengkapan latihan. Simpulan hasil penelitian dari Pembinaan Cabang Olahraga Bulutangkis pada Klub Persatuan Bulutangkis Gatra Pino Semarang setiap tahun selalu meningkat lebih baik. Untuk keseluruhan proses pembinaan seperti SDM, perekrutan pelatih kurang baik, perekrutan atlet cukup baik melalui promosi degradasi atlet, sarana prasarana dikatakan kurang baik, program latihan dikatakan sudah cukup baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan olahraga, PB Gatra Pino Semarang, Bulutangkis
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 28 Oct 2021 02:33
Last Modified: 28 Oct 2021 02:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47432

Actions (login required)

View Item View Item