PENELUSURAN MINAT DAN BAKAT OLAHRAGA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020


TOMI ANDRIANTO, 6101416191 (2020) PENELUSURAN MINAT DAN BAKAT OLAHRAGA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENELUSURAN MINAT DAN BAKAT OLAHRAGA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020] PDF (PENELUSURAN MINAT DAN BAKAT OLAHRAGA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan olahraga di daerah Kabupaten Batang masih tergolong rendah dan kurang maksimal. Berdasarkan hasil POPDA tingkat Kabupaten Batang tahun 2019 Kabupaten Batang menduduki peringkat 33 dari 35 daerah di Jawa Tengah dalam POPDA SMP/MTs Jawa Tengah tahun 2019 dengan perolehan 1 medali emas dan 3 medali perunggu. Problematika yang terjadi dan dapat menghambat upaya optimalisasi prestasi dalam cabang olahraga salah satunya yaitu terletak pada sulitnya menemukan atlet-atlet muda yang berbakat. Proses penyeleksian anak untuk mengikuti lomba hanya pada saat pembelajaran dan kegiatan ekstrakulikuler. Proses pembelajaran dengan rentang waktu yang cukup singkat dengan waktu bertanding, hal ini membuat persiapan anak untuk bertanding menjadi kurang. Untuk program ekstrakurikuler hanya manyediakan cabang olahraga yang sudah memasyarakat seperti bola voli, bola basket, pencak silat, sepak bola, wushu, catur, dan cricket sedangkan untuk prestasi olahraga yang paling menonjol adalah bola voli dan wushu. Tujuan penelitian: untuk mengetahui bakat olahraga siswa SMP di Kabupaten Batang tahun pelajaran 2019/2020 dan kesesuaian dengan minat siswa. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMP di Kabupaten Batang sejumlah 25.422 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif presentase. Pengolahan data menggunakan aplikasi software sport search. Adapun teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Tes bakat sport search digunakan untuk mengetahui bakat yang dimiliki siswa, (2) Dokumentasi digunakan untuk memperoleh daftar nama siswa atau peserta tes dan dokumentasi berupa foto pada saat pelaksanaan tes pemanduan bakat dengan metode sport search. Dari hasil analisis data diperoleh sejumlah 26 siswa atau 19,3% peserta tes memiliki minat sesuai dengan bakatnya dan 109 siswa atau 80,7% peserta tes memiliki minat yang tidak sesuai dengan bakatnya. Kesimpulan yang didapatkan adalah bahwa siswa SMP di Kabupaten Batang memiliki berbagai bakat olahraga, namun sebagian dari potensi tersebut tidak sesuai dengan minat yang dimiliki siswa. Berdasarkan hasil penelitian, hasil kesesuaian minat dan bakat olahraga paling berpotensi pada siswa di Kabupaten Batang ditemukan pada cabang olahraga bola voli. Adapun saran dari peneliti yaitu mengoptimalkan prestasi siswa. Dengan adanya penelitian ini harapannya agar bisa menjadi sebuah referensi atau alternatif untuk proses pemanduan dan pengembangan bakat olahraga di Kabupaten Batang dan daerah yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bakat Olahraga, Sport Search, Siswa SMP
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 26 Oct 2021 03:14
Last Modified: 26 Oct 2021 03:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47429

Actions (login required)

View Item View Item