DAMPAK DAN STRATEGI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI TERHADAP EKSISTENSI SEKOLAH SWASTA: STUDI KASUS DI SMK CIPTA KARYA KEBUMEN


Ihya Ali Ma’sum, 3401416057 (2020) DAMPAK DAN STRATEGI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI TERHADAP EKSISTENSI SEKOLAH SWASTA: STUDI KASUS DI SMK CIPTA KARYA KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401416057 - ihya ali maksum.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (PERMENDIKBUD) NO 51 Tahun 2018 tentang kebijakan sistem zonasi dalam proses penerimaan peserta didik baru, merupakan suatu gagasan baru dalam dunia pendidikan. Kebijakan sistem zonasi hanya bisa diterapkan pada sekolah negeri, yang berdampak pada sekolah swasta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak yang terjadi adanya kebijakan sistem zonasi terkait dengan eksistensi sekolah swasta studi kasus di SMK Cipta Karya Kebumen dan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh sekolah adanya kebijakan sistem zonasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis data deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan cara triangulasi sumber untuk membuktikan kebenaran data yang diperoleh. Untuk menganalisis hasil penelitian, maka peneliti menggunakan konsep adaptasi John Bannet sebagai alat untuk menganalisis data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan dampak kebijakan sistem zonasi berpengaruh terhadap sekolah swasta, yaitu naik turunnya jumlah peserta didik baru di sekolah, meningkatnya kualitas peserta didik baru di sekolah dan meningkatkan kualitas guru. Eksistensi di SMK Cipta Karya masih bisa dikategorikan dalam kategori eksis kerena masih berjalannya proses pembelajaran di sekolah. Strategi yang dilakukan oleh SMK Cipta Karya untuk meningkatkan eksistensi sekolah yaitu dengan cara kemudahan dalam PPDB, meningkatkan kualitas guru, melakukan sosialisasi yang dilakukan oleh guru dan peserta didik dengan mensosialisasikan melalui door to door, media, meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di sekolah guna untuk menunjang kualitas peserta didik. Saran untuk sekolah adanya kebijakan baru dalam dunia pendidikan yang berdampak pada penururnan kuantitas peserta didik, diharap mengembangkan kualitas peserta didik sehingga dapat meningkatkan kualitas sekolah.Untuk guru memberikan pelayanan sesuai dengan kemampuan dari peserta didik dan terus meningkatkan kualitas dari proses pembelajaran. Untuk peserta didik dapat meningkatkan belajar walaupun dalam proses seleksi terdapat kemudahan dalam masuk di SMK Cipta Karya. Untuk orangtua peserta didik dapat memberikan motivasi dan semangat kepada anak-anaknya untuk selalu meningkatkan kemampuan dan keterampilannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Eksistensi, Sekolah Swasta, Strategi, Zonasi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Oct 2021 08:26
Last Modified: 25 Oct 2021 08:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47421

Actions (login required)

View Item View Item