STRATEGI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI EDUPARK DE BALE CINGKRONG DI KABUPATEN GROBOGAN


Erika Nada Arwana, 3401416025 (2020) STRATEGI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI EDUPARK DE BALE CINGKRONG DI KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401416025 - E Nada A.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dibentuk guna mendorong ekonomi desa. Sebagian desa di Indonesia yang memiliki BUMDes telah memberdayakan masyarakat dan membantu perekonomian desa. Begitu pula BUMDes Cingkrong Makmur memiliki strategi pemberdayaan masyarakat melalui wisata edupark. Wisata edupark De Bale Cingkrong dibangun dengan memanfaatkan aset desa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui strategi BUMDes dalam menyelenggarakan pemberdayaan masyarakat, 2) prinsip BUMDes dalam pemberdayaan masyarakat, dan 3) kendala yang dihadapi BUMDes dalam pemberdayaan masyarakat dan solusi yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan konsep pemberdayaan masyarakat oleh Prijono dan Pranarka dilengkapi pemikiran Najiati. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Desa Cingkrong, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data lalu verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan: 1) strategi BUMDes dalam pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan pengembangan sumber daya manusia, pengembangan kelembagaan kelompok, pengembangan usaha produktif, dan penyediaan informasi tepat guna. 2) prinsip pemberdayaan masyarakat yang ada meliputi kesetaraan, partisipasi, kemandirian, dan keberlanjutan. 3) kendala yang dihadapi yaitu aspek sosial-budaya meliputi rendahnya kepercayaan diatasi dengan meyakinkan manfaat wisata De Bale, aspek ekonomi berupa kekurangan modal diatasi dengan penggunaan Penghasilan Asli Desa dan pinjaman, aspek lingkungan berupa covid-19 diatasi dengan pemutusan hubungan kerja sementara, penyemprotan disinfektan, dan protokol kesehatan. Peneliti memberikan saran: 1) Bagi BUMDes Cingkrong supaya meningkatkan strategi marketing atau media promosi guna menunjang eksistensi dan untuk keberlanjutan De Bale Cingkrong. 2) Bagi masyarakat Desa Cingkrong yang belum ikut kegiatan pemberdayaan sebaiknya ikut memanfaatkan peluang yang ada misalkan dengan membuat variasi oleh-oleh untuk dijual di area wisata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: BUMDes, Pemberdayaan, Strategi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Oct 2021 07:50
Last Modified: 25 Oct 2021 07:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47413

Actions (login required)

View Item View Item